Qualcomm Rilis Snapdragon 8s Gen 3, Prosesor AI Versi Lebih Murah
Qualcomm Snapdragon 8s Gen 3. [Qualcomm]
19:56
18 Maret 2024

Qualcomm Rilis Snapdragon 8s Gen 3, Prosesor AI Versi Lebih Murah

Qualcomm resmi meluncurkan prosesor baru yang diberi nama Snapdragon 8s Gen 3. Ini adalah chipset yang diposisikan setingkat di bawah Snapdragon 8 Gen 3 yang dirilis akhir tahun lalu.

Sama seperti Snapdragon 8 Gen 3, chipset Snapdragon 8s Gen 3 ini juga membawa mendukung fitur kecerdasan buatan (artificial intelligence/AI) generatif untuk dipakai di ponsel.

Senior Vice President and General Manager of Mobile Handset Qualcomm Technologies, Chris Patrick menyatakan, fitur unggulan di Snapdragon 8s Gen 3 yakni fitur AI generatif on-device yang canggih, always-sensing ISP (image signal processor), mobile gaming realistis, konektivitas terbarukan, dan kompresi audio lossless yang high-definition (HD).

Selain itu, platform ini turut mendukung beragam model AI termasuk large language models (LLM) yang populer seperti Baichuan-7B, Llama 2, dan Gemini Nano.

"Dengan kemampuan AI generatif on-device dan fitur fotografi canggih, Snapdragon 8s Gen 3 dirancang untuk meningkatkan pengalaman pengguna dalam mendorong kreativitas dan produktivitas di kehidupan sehari-hari," kata Chris dalam siaran pers, Senin (18/3/2024).

Qualcomm Snapdragon 8s Gen 3. [Qualcomm]Qualcomm Snapdragon 8s Gen 3. [Qualcomm]

Spesifikasi dan fitur Snapdragon 8s Gen 3

Seperti disebutkan sebelumnya, Snapdragon 8s Gen 3 terdiri dari satu core Prime dengan clock speed 3GHz, empat core performa dengan clock speed 2.8GHz, dan tiga core efisiensi dengan 2GHz.

Sedangkan kombinasi kakaknya sedikit berbeda, di mana Snapdragon 8 Gen 3 mencakup satu core Prime 3.4GHz, lima core performa 3.2GHz, dan dua core efisiensi 2GHz.

Snapdragon 8s Gen 3 juga menggunakan modem Snapdragon X70 5G yang lebih lama, yang artinya hanya mendukung 3GPP Riis 17 dan bukan Rilis 18 seperti di Snapdragon 8 Gen 3. Itu juga berarti downlink telah dipotong setengahnya menjadi hanya 5Gbps.

Untuk kemampuan fotografi, Snapdragon 8s Gen 3 tidak mendukung format video 8K, melainkan hanya 4K 60 fps. Format Night Vision dengan RAW AI Noise Reduction dalam 4K 60 fps juga tidak ada di Snapdragon 8s Gen 3.

Qualcomm memastikan kalau prosesor Snapdragon 8s Gen 3 akan dipakai di merek HP seperti Honor, iQOO, Realme, Redmi, hingga Xiaomi. Perangkat pertama dengan chipset ini diperkirakan hadir pada Maret 2024.

Editor: Dicky Prastya

Tag:  #qualcomm #rilis #snapdragon #prosesor #versi #lebih #murah

KOMENTAR