Suzuki Jimny 5 Pintu Punya Fitur untuk Off Road Bukan Kaleng-kaleng
Maksimalkan fitur Suzuki Jimny di medan off road. (Foto: Dony)
23:48
15 Maret 2024

Suzuki Jimny 5 Pintu Punya Fitur untuk Off Road Bukan Kaleng-kaleng

Suzuki Jimny 5 pintu yang belum lama ini diluncurkan masih hangat untuk di bahas. Namun kali ini bukan masalah harga yang sempat menjadi perbincangan karena selisih lebih mahal dengan yang diumumkan pihak Suzuki Indonesia.

Bahasan kali ini terkait performa, dimana mobil ini diklaim selain nyaman di gunakan di jalanan perkotaan juga "jago" melibas medan off road.

Mendapat kesempatan untuk melakukan Test Drive Experience di trek off-road di kawasan Bogor membuka kesempatan menjajal fitur yang dibenamkan pada Suzuki Jimny 5 pintu,

Beberapa medan trek yang disediakan terdisiri dari medan off road, semi off road, berlumpur, berbatu, genangan air hingga tanjakan-turunan curam dengan panjang lintasan kurang lebih 1,4 km dengan beragam rintangan yang wajib dilalui.

Diputaran pertama JawaPos.com duduk sebagai penumpang dibangku belakang, dan sebagai juru mudi adalah seorang instruktur offroad yang sudah berlisensi. Kami memperhatikan tombol atau fitur apa saja yang di gununakan setiap melalui lintasan atau kondisi jalan yang berbeda.

Sebagai informasi, saat masuk dalam kabin dengan konfigurasi lima orang dewasa dengan tinggi 175 cm masih di rasa nyaman. Meskipun di baris kedua posisi duduk sedikit tegak, masih memberikan kenyamanan.

Suspensi Suzuki Jimny 5 pintu terasa cukup empuk untuk SUV petualang dengan dimensi yang tidak terlalu besar. Menggunakan teknologi lateral rod, yang memungkinkan roda kanan menarik roda kiri saat terjadi bound di salah satu roda.
.
Di sisi lain kenyamanan suspensi juga didukung dengan link arm, dimana diletakkan tepat di bawah sasis jenis ladder frame. Heri Purwoko, Technical Training 4W PT SIS menungkapkan bahwa penempatan ini memberikan kestabilan berkendara pada Suzuki Jimny 5 pintu.

Suzuki Jimny 5 pintu berhasillolos melintasi tanjakan licin. (Foto: Dony)

Melibas Trek Off Road

Setelah satu putaran merasakan sebagai penumpang, kini giliran menjajal langsung dengan dusuk dibalik kemudi. namun sebelumnya kami hanya mencoba fitur-fitur utama yang di tonjolkan Suzuki Jimny yang diklaim mumpuni untuk medan off-road, diantaranya adalah:

Brake LSD Traction Control dan Hill Assist

Dalam kondisi jalan menanjak yang cukup curam fitur hill assist sangat membantu karena fitur ini memungkinkan mobil berhenti sejenak kurang lebih lima detik. Ini untuk memberikan jeda waktu kaki kita untuk berpindah sebelum menginjak pedal gas.

Sedangkan fitur brake LSD (limited slip differential) traction control fungsinya untuk mempertahankan laju kendaraan saat melalui tanjakan maupun turunan yang sukup sulit.

Karena dalam kondisi medan tersebut bila belum berpengalaman pakan injakan gak secara manula yang kita lakukan kurang stabil.

Dalam menggunakan fitur tersebut kami memindahkan tuas transfer case ke posisi 4L dan mengaktifkan brake LSD.

Maka saat didepan kondisi jalanan menurun mobil akan meluncur perlahan tanpa menginjak pedal gas dan secara otomatis mengerem atau mengurangi laju sesuai kondisi jalan.

Dengan adanya fitur tersebut saat melintasi di medan off-road akan lebih mudah, terutama bagi pemula, karena mobil lebih mudah dikendalikan dengan sistem ini.

Saat kami mencobanya, fitur Brake LSD Traction Control bekerja dengan optimal, dimana mampu menjaga traksi di medan sulit.

Sebagai informasi Brake LSD Traction Control adalah fitur yang mengandalkan aplikasi rem otomatis untuk mengontrol traksi, memastikan mobil tetap mampu melaju di permukaan yang licin.

Kemampua fitur ini juga tidak hanya di medan licin, kami sempat mencoba diberbagai trek ekstrik, hasilnya Suzuki Jimny 5 pintu mampu melewati jalan dengan kemiringan 25 derajat, serta mampu dengan mudah keluar dari jalan berlumpur meski menggunakan ban AT bawaan pabrik.

Sistem 4×4 AllGri Pro Melalui Tuas Transfer Case

Ada dua tuas diantara dua kursi penumpang depan, tuas ini untuk mengaktifkan berbagai mode 4×4, atau yang dikenal sebagai AllGrip Pro oleh Suzuki.

Sistem ini melibatkan tuas transmisi dan tuas transfer case yang memungkinkan pengemudi memilih mode yang sesuai dengan kondisi permukaan jalan.

Karena proses memindahkannya harus di posisi diam dan Netral, maka kendala itu terbilang minor. Saat melewati menaklukkan turunan yang cukup tinggi dan curam, kami pun menyalakan fitur Hill Descent Control.

Setelah memastikan semuanya sudah aktif, kami pun mulai masuk ke turunan tersebut. Saat sudah di turunan, pedal gas serta rem pun kami lepas dan mobil tertahan dengan sangat baik.

Menurut instruktur, jika mobil direm maka ban pun akan berhenti berputar, dan itu justru membuat ban akan selip dan tidak terkontrol. Berkat adanya fitur Hill Descent Control, mobil akan otomatis mengatur posisinya sendiri.

Perlu diketahui ada tuas transfer case yang menyediakan tiga pilihan mode, yaitu 2H (2 High), dimana hanya roda belakang yang bergerak, dengan rasio gigi standar.

Mode ini cocok untuk pengendaraan sehari-hari seperti di aspal perkotaan atau gravel, memberikan kecepatan maksimal dan efisiensi bahan bakar optimal.

Sedangkan 4H (4 High), mempunyai fungsi mengaktifkan gerak 4 roda dengan tetap mempertahankan rasio gigi standar.

Mode ini direkomendasikan saat permukaan jalan semakin licin, seperti tanah basah atau pasir gembur dengan cengkeraman optimal pada kecepatan yang tidak melebihi 100 km/jam.

Terakhir adalah mode 4L (4 Low) digunakan saat menghadapi medan berat seperti batuan kasar, lumpur, atau tanjakan curam. Rasio gigi yang lebih kasar di mode 4L membantu meringankan beban mesin, menjaga torsi untuk mengatasi beragam rintangan.

Penting untuk menggunakan mode 4L hanya pada kondisi medan yang memerlukan daya ekstra, karena rasio yang kasar dapat membuat mesin berputar terlalu tinggi dalam kondisi normal.

Adanya fitur-fitur seperti hill assist, brake LSD, dan traction control, Suzuki Jimny 5 pintu tidak hanya menyediakan pengalaman berkendara yang aman dan nyaman bagi para pengemudi berpengalaman, tetapi juga sangat nyaman untuk pemula.

Terbukti dengan adanya fitur-fitur tersebut mampu berkendara di medan off-road menjadi lebih mudah dikuasai, memberikan kepercayaan diri kepada pengemudi yang mungkin belum berpengalaman dalam melibas rintangan.

Suzuki Jimny bisa dikatakan sebagai mobil keluarga apalagi yang senang berpetualang. Rasa nyaman dan aman bisa diperoleh dengan adanya fitur fitur yang diberikan.

Menurut kami, selama menguji coba Jimny 5 Pintu, fitur inilah yang sangat kami apresiasi karena fungsinya.

Editor: Dony Lesmana Eko Putra

Tag:  #suzuki #jimny #pintu #punya #fitur #untuk #road #bukan #kaleng #kaleng

KOMENTAR