Ini Ciri-ciri Wiper Mobil Rusak, Bikin Nggak Nyaman saat Menembus Hujan
Ilustrasi wiper mobil (Toyota Astra)
21:20
13 Maret 2024

Ini Ciri-ciri Wiper Mobil Rusak, Bikin Nggak Nyaman saat Menembus Hujan

Warga yang tinggal di sebagian pulau Jawa, khususnya di wilayah Jabodetabek, beberapa hari ini dihadapkan dengan cuaca tak menentu. Dalam beberapa hari ini, kerap hujan pada pagi sampai siang hari. Cerah sebentar, sorenya hujan lagi sampai malam.  

  Untuk yang tetap beraktivitas dan bekerja menggunakan mobil. Ada beberapa hal yang wajib Anda perhatikan. Salah satunya adalah wiper mobil untuk menyeka air saat hujan turun.   Saat musim hujan tiba, sebaiknya segera  periksa kondisi wiper mobil. Terdengar sepele, namun wiper memiliki fungsi yang sangat penting untuk menjaga visibilitas keluar saat hujan.   Ciri-Ciri Karet Wiper Mobil Rusak   Walaupun kondisinya terlihat baik, namun anda harus memperhatikan beberapa hal yang menjadi ciri karet wiper rusak.   Berikut ciri-ciri karet wiper mobil Anda yang sudah rusak.   1. Timbul Suara Berisik   Karet wiper yang kondisinya masih bagus tidak akan mengeluarkan suara saat dinyalakan karena karetnya masih lentur sehingga bisa bekerja dengan optimal. Ketika karet wiper sudah mengeras maka akan menimbulkan bunyi yang ditimbulkan saat karet wiper bergesekan dengan kaca.   2. Tidak Menyeka Air dengan Sempurna    Penyeka kaca yang kondisinya masih bagus akan bekerja dengan sempurna dalam membersihkan air pada kaca. Tetapi, jika saat digunakan wiper sudah tidak bisa menyeka air dengan sempurna hal itu menjadi salah satu tanda karet sudah waktunya diganti.   3. Timbul Garis Air   Saat wiper mobil sudah menjadi getas dan sedang bekerja membersihkan air pada kaca mobil, akan muncul banyak garis-garis air pada kaca. Selain membuat sapuan air kurang maksimal, garis air juga akan mengakibatkan baret pada kaca mobil.   4. Gerakannya Tidak Lancar   Jika karet dalam kondisi masih bagus, gerakannya akan terasa lancar. Tetapi, jika karet sudah keras atau sudah tidak bagus lagi maka saat wiper dinyalakan gerakannya saat menyapu air tidak akan lancar atau tersendat-sendat.   Cek Kondisi Wiper   Cara mengeceknya juga gampang. Anda bisa melihat langsung wiper dan pastikan karetnya tidak getas atau keras. Apabila keras maka sebaiknya wiper langsung diganti dengan yang baru.   Karena kalau tidak, selain menyapu airnya tidak maksimal, bisa menimbulkan baret pada kaca. Bukan perkara mudah untuk membersihkan luka bekas baret ini, bahkan harus sampai mengganti kaca kalau tidak bisa direparasi.   Perhatikan Saat Wiper Bekerja   Selain itu, Anda juga bisa melihat kondisi wiper ketika bekerja. Misal pada saat hujan, saat menyapu air di kaca akan terlihat adanya sisa air atau sapuannya tidak bersih seperti biasanya.  

  Jika karet sudah tidak bagus lagi maka gerakan wiper saat menyapu air tidak akan lancar atau tersendat-sendat. Sebaiknya harus cepat diganti, lagipula tidak ada batasan usia wiper yang ideal karena tergantung pemakaian. (*)

Editor: Dinarsa Kurniawan

Tag:  #ciri #ciri #wiper #mobil #rusak #bikin #nggak #nyaman #saat #menembus #hujan

KOMENTAR