Cara Instal Ulang Software di Windows dengan Benar
Ilustrasi laptop Windows. (unsplash.com/@windows)
09:08
13 Maret 2024

Cara Instal Ulang Software di Windows dengan Benar

Pengguna Windows terkadang harus melakukan instal ulang atau reinstall software karena berbagai alasan. Namun, tidak semua orang mengetahui cara menginstal ulang dengan benar agar program tidak terjadi kesalahan.

Jika pengguna salah satu yang ingin melakukan instal ulang software pada Windows, pengguna bisa mengikuti langkah-langkah di bawah ini:

Cara menginstal ulang program di Windows dengan benar

Pengguna harus mengidentifikasi program tersebut dari daftar aplikasi yang terinstal di komputer, kemudian menghapusnya sebelum menginstalnya kembali.

1. Buka Control Panel. Jika sulit menemukannya, gunakan bilah pencarian untuk menemukan Control Panel di Windows 11 dan versi Windows baru lainnya.

2. Pilih Uninstall a program yang terletak di bawah judul Program atau Add or Remove Program jika pengguna menggunakan Windows XP.

3. Pilih program yang ingin dihapus instalasinya dengan menelusuri daftar program yang terinstal saat ini yang terlihat pada layar.

4. Pilih Uninstall, Uninstall/Change, atau Remove untuk mencopot pemasangan program.

Setelah itu, hal yang akan terjadi selanjutnya tergantung pada program yang dihapus. Beberapa proses penghapusan instalasi memerlukan serangkaian konfirmasi, sementara proses lainnya mungkin menghapus instalasi tanpa memerlukan konfirmasi dari pengguna sama sekali.

Pengguna disarankan untuk menjawab setiap perintah sebaik mungkin, mengingat pengguna ingin menghapus program sepenuhnya dari komputer.

Ilustrasi Windows (Unsplash)Ilustrasi Windows (Unsplash)

5. Nyalakan kembali komputer.

6. Pastikan program yang dihapus instalasinya telah terhapus sepenuhnya. Periksa kembali apakah program tersebut tidak lagi tercantum di menu Start dan periksa juga untuk memastikan bahwa entri program di Programs and Features atau Add or Remove Programs telah dihapus.

7. Setelah itu, instal versi terbaru dari perangkat lunak yang tersedia. Cara terbaik adalah mengunduh program versi terbaru dari situs pengembang perangkat lunak, namun opsi lainnya adalah mengambil file dari disk instalasi asli atau download sebelumnya.

8. Mulai ulang kembali komputer pengguna lagi.

9. Uji program yang diinstal ulang.

Menginstal ulang program software adalah salah satu solusi mendasar yang tersedia bagi pengguna komputer mana pun setelah mencoba memperbaiki masalah Windows secara otomatis, namun cara ini sering kali diabaikan saat mencoba memecahkan masalah pada software.

Dengan menginstal software, baik itu alat produktivitas, permainan, atau apa pun di antaranya, pengguna mengganti semua file program, entri registri, pintasan, dan file lain yang diperlukan untuk menjalankan program.

Jika masalah apa pun yang pengguna alami dengan program disebabkan oleh file yang rusak atau hilang, penginstalan ulang kemungkinan besar bisa menjadi solusinya.

Dengan mengikuti langkah-langkah di atas, pengguna kini bisa melakukan instal ulang software dengan benar di Windows.

Editor: Lintang Siltya Utami

Tag:  #cara #instal #ulang #software #windows #dengan #benar

KOMENTAR