Meskipun Puasa Tetap Fokus  Ketika Mengemudi, Simak Tipsnya
Ilustrasi seorang perempuan sedang menyetir. (Her)
07:04
11 Maret 2024

Meskipun Puasa Tetap Fokus Ketika Mengemudi, Simak Tipsnya

- Berkendara saat berpuasa menjadi tantangan tersendiri karena biasanya akan merasa lelah dan haus. Hal ini tentu akan berdampak pada kondisi fisik saat menyetir.

Sebagai pengemudi, penting untuk tetap waspada dan fokus saat menyetir agar dapat menghindari kecelakaan. Jika merasa terlalu lelah atau mengantuk, sebaiknya berhenti sejenak dan istirahat.

Ada beberapa tips berkendara saat puasa yang untuk membantu Anda menyetir dengan kondisi yang aman. Apa saja? Mari simak di sini.

WajibTerhidrasi Waktu Sahur

Pastikan Anda minum cukup air dan makan makanan yang mengandung banyak cairan sebelum memulai puasa. Ini akan membantu menjaga tubuh Anda terhidrasi selama puasa dan membantu Anda tetap fokus saat menyetir.

Jadi minumlah cukup air saat waktu berbuka dan sahur. Pastikan Anda terhidrasi dengan baik sehingga Anda tetap terjaga dan tidak lelah saat menyetir.

Hindari Mengemudi dalam Jarak yang Terlalu Jauh

Bila memungkinkan, coba untuk menghindari menyetir dalam jarak yang terlalu jauh selama puasa. Istirahat yang cukup pada malam sebelumnya agar tubuh Anda segar dan terjaga saat menyetir.

Gunakan Kaca Mata Hitam

Kaca mata hitam dapat membantu mengurangi kilauan matahari saat menyetir di bawah sinar matahari yang terik, yang dapat membuat Anda lebih mudah lelah dan mengantuk.

Jangan Asal Makan Saat Berbuka

Hindari makan berlebihan saat berbuka, karena ini dapat membuat Anda merasa lamban dan tidak nyaman saat menyetir. Lebih baik makan sedikit-sedikit dan perlahan-lahan, serta mengonsumsi makanan yang seimbang dan bernutrisi.

Jangan menunda-nunda waktu berbuka puasa. Jika Anda merasa lelah atau lapar, segera berbuka dan jangan menunda waktu berbuka puasa.

Bersabar Saat Mengemudi

Terakhir, ingatlah bahwa menyetir saat berpuasa mungkin akan sedikit lebih sulit daripada menyetir dengan perut terisi. Cobalah untuk tetap tenang, sabar, dan waspada di jalan, dan ingatlah untuk memprioritaskan keselamatan dan kesehatan Anda dan pengguna jalan lainnya.

Tips berkendara saat puasa yang terakhir ini mungkin klise, tetapi justru memegang peranan yang sangat penting. Semoga bermanfaat.

Editor: Dony Lesmana Eko Putra

Tag:  #meskipun #puasa #tetap #fokus #ketika #mengemudi #simak #tipsnya

KOMENTAR