Masih Jadi Incaran, Harga Seken Honda Freed Masih Tinggi
Ilustrasi: Honda Freed seken harganya masih tinggi. (OLX).
12:36
9 Maret 2024

Masih Jadi Incaran, Harga Seken Honda Freed Masih Tinggi

- Di kategori passenger car atau mobil penumpang, Honda pernah memiliki MPV pintu geser yakni Freed.  Honda Freed adalah sebuah MPV mini buatan pabrikan otomotif Jepang Honda sejak 2008 lalu.   Di negara asalnya, Jepang, Freed digunakan untuk menggantikan Honda Mobilio. Honda Freed menggunakan dasar dari Honda Jazz. Tersedia dalam tiga bentuk tempat duduk yaitu 5 penumpang, 7 penumpang (captain seat di tengah), dan 8 penumpang.    Di Indonesia, Freed pertama dipasarkan di pada 21 Maret 2009, menjadikan Indonesia sebagai negara kedua yang dirilis setelah Jepang. Honda Freed generasi pertama dirakit di pabrik Honda di Karawang, Jawa Barat. Sampai saat ini, lebih dari 10.000 unit Freed telah terjual.  

  Sayangnya, kiprah Honda Freed di Indonesia selesai pada 2016 lalu. Padahal segmen tersebut lumayan seksi sampai Toyota merilis pesaingnya yakni Sienta untuk bisa adu pasar dengan Freed.   Kendati sudah tidak lagi dijual di Indonesia, mobil ini masih menjadi incaran sampai sekarang. Honda Freed masih jadi primadona dan membuat harganya tetap stabil. Bisa dibuktikan sendiri di marketplace.   Misalnya pada laman jual-beli OLX, Honda Freed tertua lansiran tahun 2009 masih dijual di angka Rp 120 jutaan. Di marketplace lainnya seperti di Mobil123 dan marketplace Facebook juga rata-rata masih di angka demikian.  

    Kemudian, untuk tahun yang agak muda malah lebih bikin heran lagi. Harganya stabil. Misalnya untuk lansiran tahun 2012 ke atas, Honda Freed baik untuk tipe sliding door dan Power Sliding Door atau PSD harganya menggantung di angka Rp 130 bahkan sampai ada yang Rp 170 jutaan. Benar-benar masih tinggi untuk ukuran mobil seken.   Sebagai informasi, Honda Freed hadir menggunakan mesin 1.5L i-VTEC SOHC milik Honda Jazz dan Honda City. Meski mesinnya sama, tenaga yang dihasilkan setelah terpasang di Freed sedikit berkurang menjadi 118 hp (Jazz 120 hp). Perbedaan lainnya adalah maksimum torsinya lebih tinggi yaitu 148 Nm, sedangkan Jazz 145 Nm.   Mobil ini banyak diincar karena dianggap masih nyaman dan reliable dipakai sehari-hari. Pintu geser, interiornya juga luas. Pas untuk keluarga muda yang baru ingin memiliki kendaraan roda empat pertama.

Editor: Bintang Pradewo

Tag:  #masih #jadi #incaran #harga #seken #honda #freed #masih #tinggi

KOMENTAR