iOS 18.2 Disiapkan Apple untuk Pengguna iPhone, Pengguna Bisa Pilih Browser Alternatif Selain Safari
Ilustrasi: iOS 18. (MacRumors).
06:48
28 Oktober 2024

iOS 18.2 Disiapkan Apple untuk Pengguna iPhone, Pengguna Bisa Pilih Browser Alternatif Selain Safari

- Selama ini Apple cenderung "memonopoli" beberapa aplikasi di perangkatnya seperti iPhone, iPad atau komputer Mac. Hal tersebut bisa dilihat dari pengguna yang hanya bisa menggunakan beberapa aplikasi bikinan Apple dan hanya itu saja yang bisa dipakai, tidak ada pilihan lain.   Browser misalnya, Safari adalah browser atau peramban default yang bisa dipakai oleh pengguna. Kini, memberikan alternatif lain, di pembaruan sistem operasi atau OS milik Apple untuk iPhone, iOS, pengguna bakal diperbolehkan menginstal aplikasi lain selain browser Safari.   Hal ini sejalan dengan keputusan Uni Eropa (UE) yang telah menegakkan hukum Digital Markets Acts (DMA) dan ini berarti bahwa Apple dan perusahaan besar lainnya harus membuat perubahan jika mereka ingin terus beroperasi di Eropa.   

  Apple sendiri telah membuat beberapa perubahan, tetapi tampaknya masih belum memenuhi standar DMA. Dalam langkah terbarunya, Apple membawa perubahan besar pada perangkat lunak iPhone dengan iOS 18.2, akhirnya memungkinkan mesin alternatif di browser web.    Berkat putusan UE baru-baru ini, pembaruan ini akan memungkinkan cakupan yang lebih luas untuk browser pihak ketiga, memberi pengguna opsi untuk mencoba pilihan baru di luar WebKit Apple yang telah lama menjadi satu-satunya opsi.    Dengan ini, Apple melangkah lebih dekat ke bidang yang adil dalam penelusuran seluler, setidaknya di Eropa. Inti dari setiap peramban web adalah mesinnya, yang menangani bagaimana kode web berubah menjadi halaman web.    Mesin ini adalah kunci untuk kecepatan, kemudahan, dan tata letak, yang memberikan sentuhan unik pada setiap peramban. Hingga saat ini, Apple telah mengunci semua peramban di iPhone ke mesin WebKit-nya, yang menghalangi pengembang untuk menambahkan mesin mereka sendiri.   

  Pembatasan ini telah menjadi pokok perdebatan, karena membatasi pilihan pengguna dan menghambat inovasi peramban. Sikap hukum baru Uni Eropa mengubah hal ini. iOS 18.2 akan memungkinkan pengembang di Eropa untuk menghadirkan mesin mereka sendiri, tidak hanya dalam aplikasi mandiri tetapi juga dalam aplikasi web di iPhone.    Perubahan ini kemungkinan akan memberi pengguna pengalaman web yang lebih kaya dan mendorong lebih banyak persaingan di antara para pemain web papan atas. Sebelumnya, aturan khusus WebKit berarti semua browser di iOS memiliki inti yang sama, sehingga hanya ada sedikit perbedaan.    Kini, pembaruan iOS ini membuka pintu bagi mesin seperti Blink milik Chrome dan Gecko milik Firefox. Perubahan tersebut berarti browser pihak ketiga kini dapat bertindak lebih dari sekadar "skin" untuk WebKit, dan sebaliknya menawarkan pilihan baru bagi pengguna yang menginginkan fitur yang lebih dari sekadar fitur dasar.   Meskipun perubahan ini secara eksklusif baru memengaruhi iPhone di seluruh Eropa, pada akhirnya perubahan ini dapat meluas ke tempat lain. Pengembang peramban terkemuka dengan sumber daya untuk menyesuaikan diri berpotensi memperkenalkan kapabilitas mesin ini kepada audiens di luar UE. 

Editor: Bintang Pradewo

Tag:  #disiapkan #apple #untuk #pengguna #iphone #pengguna #bisa #pilih #browser #alternatif #selain #safari

KOMENTAR