Cari Tahu Apa Itu Tensioner pada Sepeda Motor, Kalau Rusak Bikin Suara Berisik
Ilustrasi: Komponen tensioner sepeda motor. (Yamaha Deta Group).
08:00
27 Oktober 2024

Cari Tahu Apa Itu Tensioner pada Sepeda Motor, Kalau Rusak Bikin Suara Berisik

- Bagi yang sudah terbiasa melakukan utak-atik atau mengoprek sepeda motor pasti kenal atau minimal pernah dengar komponen tensioner. Tensioner ini merupakan komponen motor yang bentuknya kecil, namun memiliki pengaruh yang cukup besar bagi mesin kendaraan.    Fungsi tensioner adalah penunjang rantai keteng pada mesin. Dari segi bentuk, tensioner cenderung berbentuk kecil. Oleh karena itu, bagian motor ini sering tidak dihiraukan oleh mekanik ataupun pemilik motor ketika motor sedang diservis.   Padahal, tensioner memiliki peran penting dalam menjaga rantai keteng tetap stabil. Sama seperti namanya, fungsi tensioner adalah menjaga ketegangan rantai keteng agar tetap sesuai dengan yang dibutuhkan oleh mesin motor.   

  Sementara itu, rantai keteng sendiri berfungsi sebagai penerima putaran dari crankshaft. Putaran yang dihasilkan crankshaft berguna untuk menggerakan camshaft pada cylinder head.    Jika ketegangannya tetap terjaga, rantai keteng akan tetap stabil. Namun jika mulai rusak, rantai keteng ini akan "cengdor" alias kenceng-kendor dan menyebabkan efek lainnya.   Salah satu ciri-ciri rusaknya tensioner juga akan bisa langsung dirasakan pada kondisi rantai keteng. Misalnya adalah munculnya bunyi gemericik atau berisik pada rantai mesin.   

  Jika suara tersebut muncul beberapa saat setelah mesin dinyalakan, bisa jadi tensioner motormu sudah aus. Akibatnya, rantai keteng tidak dapat menjaga ketegangannya.    Meskipun kecil, tensioner memiliki peran penting dalam menjaga kinerja motor tetap stabil. Akan tetapi, tidak jarang mekanik kurang memperhatikan komponen ini. Padahal, membiarkan tensioner rusak akan mengakibatkan rusaknya komponen lain dalam motor.

Editor: Bintang Pradewo

Tag:  #cari #tahu #tensioner #pada #sepeda #motor #kalau #rusak #bikin #suara #berisik

KOMENTAR