Load Scanner Robotic Menggabungkan Teknologi Berbasis Kecerdasan
Load scanner teknologi berbasis kecerdasan buatan memberikan solusi atas masalah yang ada. [Istimewa]
09:24
29 Februari 2024

Load Scanner Robotic Menggabungkan Teknologi Berbasis Kecerdasan

- Perkembangan teknologi sangat tidak dipungkiri dalam memberikan kemudahan menyelesaikan suatu pekerjaan. Peluang ini yang menjadi salah satu alasan Widya Robotic salah satu perusahaan di Indonesia memberikan solusi.

Widya Robotic yang berfokus pada pengembangan robotika, otomatisasi, dan teknologi berbasis kecerdasan buatan memberikan solusi atas masalah yang ada.

Bahkan turut andil dalam mendorong target pemerintah dalam mempercepat pembangunan Jalan Tol Japek II Selatan, dalam hal kecepatan distribusi material tentunya diperlukan.

"Agar kecepatan distribusi menjadi lebih efektif dan efisien, perubahan teknologi harus mendukung proses material yang masih dilakukan secara konvensional," tulis dalam keterangan resmi Widya Robotics, Kamis [29/2].

Beberapa teknologi telah dipunyai diantaranya Load Scanner, teknologi revolusioner untuk menyelesaikan tantangan dalam mengukur beban material secara akurat
dan efisien.

"Alat ini memiliki kemampuan untuk menghitung volume muatan secara otomatis dengan bantuan teknologi LiDAR (Light Distance and Ranging), sebagai sensor utamanya," tertulis dalam keterangan resminya.

Sensor utama yang dimiliki Widya Load Scanner dapat melakukan scanning pada muatan truk yang memungkinkan penghitungan volume secara cepat dan akurat. Bahkan teknologi ini terbukti memiliki akurasi penghitungan tinggi yang mencapai 99,23% dan sudah tersertifikasi oleh Sucofindo.

Load Scanner dapat melakukan scanning pada muatan truk yang memungkinkan penghitungan volume secara cepat dan akurat. [Ilustrasi]

Selain akurasi tinggi, alat ini juga mampu menghitung volume muatan dalam waktu yang singkat, yakni kurang dari 40 detik untuk sekali penghitungan.

Teknologi ini tentunya lebih efektif dan efisien jika dibandingkan dengan penghitungan manual. Mula Damai selaku Chief Marketing Officer Widya Robotics mengungkapkan,

"Widya Load Scanner ini akan sangat membantu perusahaan dalam menciptakan aktivitas yang efektif dan efisien. Alat ini mampu mengurangi biaya tenaga kerja karena hanya membutuhkan satu operator dan pengoperasiannya juga tergolong praktis," dalam keterangan keterangan resminya.

Perusahaan tidak perlu khawatir karena siapa saja dapat mengoperasikan alat ini dengan mudah. Pertama, truk memasuki area konstruksi tanpa muatan berhenti di bawah alat ini.

Kemudian, sensor LiDAR akan melakukan scanning pada bak truk untuk mengetahui volume awalnya. Setelah truk dipenuhi dengan muatan, volume ini akan dihitung kembali melalui scanning kedua.

Hal ini dilakukan untuk mengetahui volume muatan secara keseluruhan, termasuk bagian permukaan yang melebihi batas bak truk. Namun, apabila perusahaan memiliki ukuran DT (Dump Truck) dengan ukuran dan tipe yang sama, Widya Robotics juga menyediakan penghitungan dengan alur master scan.

Alur yang dimaksud ini adalah penghitungan dengan 1 ukuran sebagai master DT kosong, kemudian scanning hanya perlu dilakukan 1x saat DT terisi untuk truk selanjutnya.

Hasil penghitungan muatan dapat dilihat melalui dashboard yang telah disediakan. Kemudian, hasil perhitungannya tersimpan secara otomatis dalam sistem dan dapat diunduh dalam format excel atau csv.

Data ini dapat dibuka kapan saja, sehingga memudahkan perusahaan untuk melakukan pengecekan ulang. Sebagai informasi Widya Robotics menyediakan Widya Load Scanner dalam dua versi.

Pada versi statis dapat digunakan untuk proyek-proyek seperti batching plant atau proyek dengan waktu pengerjaan lama di lokasi tetap.

Sedangkan versi portable dirancang khusus untuk proyek yang sering berpindah lokasi, sehingga tipe ini cocok untuk perusahaan konstruksi yang memiliki banyak lokasi karena kemampuan untuk dipindahkan, seperti proyek pembangunan jalan tol.

Editor: Dony Lesmana Eko Putra

Tag:  #load #scanner #robotic #menggabungkan #teknologi #berbasis #kecerdasan

KOMENTAR