Punya Motor Ketinggian? Ini Cara yang Bisa Dilakukan Biar Nyaman dan Tetap Aman Saat Dikendarai
Ilustrasi: Berkendara sepeda motor harus pas posisinya supaya aman. (Istimewa).
13:48
26 Oktober 2024

Punya Motor Ketinggian? Ini Cara yang Bisa Dilakukan Biar Nyaman dan Tetap Aman Saat Dikendarai

Dulu kendaraan roda dua memiliki desain yang hampir mirip antara satu dengan yang lainnya. Namun, seiring berkembangnya zaman, kini masing-masing produsen motor mulai berinovasi dan menghasilkan desain kuda besinya sendiri-sendiri.

Dengan desainnya yang beragam antara satu merek dengan yang lainnya, posisi berkendara motor satu dengan motor lainnya jadi tidak sama. Jadinya, hal tersebut membuat beberapa orang jadi terasa kurang nyaman jika memiliki beberapa motor sekaligus dalam menentukan konfigurasinya.

Misalnya saja ketinggian motor. Di satu merek terasa pas, di merek lainnya bisa jadi terasa ketinggian. Jika keluhan tersebut yang dirasakan, Anda bisa melakukan beberapa ubahan pada motor Anda yang terasa ketinggian.

Papas Jok Motor
Cara pertama yang bisa dilakukan adalah memapas jok motor. Artinya bagian jok akan dibuat lebih tipis dari sebelumnya. Hal ini tentu bertujuan untuk membuat jok motor lebih pendek sehingga Anda bisa menapakkan kaki di tanah tanpa harus kesulitan dan berjinijit.

Untuk menipiskan bagian jok ini, pergilah ke bengkel atau tempat penyedia jasa pemapasan jok motor. Pastikan Anda tidak meminta jok yang terlalu tipis karena hal ini dapat membahayakan serta mengurangi tingkat kenyamananmu saat berkendara.

Mintalah papas jok motor yang biasa-biasa saja atau ideal. Yang terpenting adalah kaki Anda bisa menapak tanah saat berkendara dengan kendaraan roda dua Anda.

Memendekkan Suspensi Depan
Jika Anda kurang tertarik dengan opsi yang pertama, Anda bisa menggunakan metode yang satu ini. Yakni dengan menurunkan suspensi bagian depan motor. Namun, perlu digaris bawahi bahwa maksimal penurunan yang direkomendasikan hanyalah 1 cm.

Dilansir dari Astra Motor, lebih dari itu, tidak disarankan karena dapat menyeabkan terjadinya benturan saat digunakan berkendara melewati polisi tidur. Shockbreaker atau suspensi yang terlalu pendek juga membuat bantingan jadi terasa keras, kurang nyaman.

Mengganti Suspensi Bagian Belakang
Cara lain yang bisa Anda coba adalah dengan mengganti suspensi motor dengan yang lebih pendek dari sebelumnya. Namun, untuk memilih produk suspensi atau shockbreaker yang ada di pasaran Anda tidak boleh sembarangan.

Pilihlah produk yang tepat dan berkualitas baik agar awet dan tidak membahayakan saat digunakan untuk berkendara. Cara yang satu ini terbukti efektif untuk mengatasi masalah motor yang terlalu tinggi untuk kamu kendarai.

Menyesuaikan Profil Ban
Tinggi sebuah motor juga dipengaruhi oleh ketebalan ban yang digunakan. Motor matic gede biasanya dibekali dengan ban yang cukup besar. Hal ini tentu akan berdampak pada tingkat ketinggian tempat duduknya.

Nah, jika dirasa Anda kurang nyaman atau tidak mampu memijak tanah saat menunggangi motor. Anda bisa melakukan penggantian ban motor dengan yang lebih kecil agar dapat memudahkan dalam memijak tanah.

Namun, dalam menentukan ban yang akan Anda gunakan juga tidak boleh sembarangan. Sebaiknya pilihlah ban yang berasal dari brand-brand ternama dan jelas kualitasnya. Tidak masalah harganya sedikit lebih mahal namun sebanding dengan kualitas yang ditawarkan. Dari pada ban abal-abal yang mudah pecah atau cepat aus.

Itulah beberapa cara yang bisa Amda lakukan untuk merendahkan tinggi motor. Jika kamu masih mengalami kesulitan dalam menapakkan kaki, Anda bisa menggunakan alas kaki seperti sandal atau sepatu yang memiliki sol tebal agar dapat membantu dalam memijak tanah sepenuhnya.

Editor: Mohamad Nur Asikin

Tag:  #punya #motor #ketinggian #cara #yang #bisa #dilakukan #biar #nyaman #tetap #aman #saat #dikendarai

KOMENTAR