Cara Menyembunyikan Chat WhatsApp dengan Kode Rahasia, Pasti Aman
Ilustrasi chat WhatsApp. [WhatsApp]
16:32
21 Pebruari 2024

Cara Menyembunyikan Chat WhatsApp dengan Kode Rahasia, Pasti Aman

Berikut adalah cara menyembunyikan chat WhatsApp dengan kode rahasia. Ternyata, cara menyembunyikan chat WhatsApp dengan kode rahasia sangatlah mudah dilakukan. Ikuti tutorial WhatsApp ini.

Belum lama ini, WhatsApp telah memperkenalkan fitur baru yang disebut Kode Rahasia. Dengan fitur yang satu ini, maka pengguna bisa menyembunyikan obrolan alias chat mereka di balik kode rahasia tersebut.

Sesuai dengan namanya, fitur ini akan memberikan tambahan lapisan keamanan buat pengguna yang ingin menyembunyikan obrolan rahasianya dari semua orang.

Dengan Kode Rahasia, pengguna kini memiliki opsi untuk menyembunyikan obrolan yang terkunci dari daftar obrolan pengguna, dan obrolan tersebut hanya dapat diakses oleh mereka jika mereka mengetikkan kode tersebut ke dalam bilah obrolan. 

Untuk bisa menggunakan kode rahasia ini, pengguna perlu membuat kode unik yang panjangnya minimal empat karakter. Namun, Anda disarankan untuk tidak lupa dengan kode yang Anda buat.

Sebab masalah mungkin menanti jika Anda lupa dengan kode rahasia WhatsApp yang Anda buat sebelumnya. Tapi sebelum menyembunyikan obrolan, pastikan Anda sudah memperbarui versi WhatsApp sehingga menu Kode Rahasia muncul di akun Anda.

Cara membuat kode rahasia WhatsApp adalah sebagai berikut:

  • Buka WhatsApp kemudian buka Pengaturan.
  • Pada menu Pengaturan, silahkan klik "Kunci Obrolan".
  • Ketuk Kode Rahasia lalu  Buat Kode Rahasia.
  • Masukan kode rahasia WhatsApp yang panjangnya empat karakter. Kalau bisa, gunakan angka, huruf, simbol, dan bahkan emoji.
  • Ketuk Berikutnya lalu Konfirmasi untuk menyimpan kode rahasia Anda.
  • Setelah Anda membuat kode rahasia, Anda dapat memilih untuk menyembunyikan folder Obrolan Terkunci dari daftar obrolan Anda. 

Cara menyembunyikan folder Obrolan Terkunci di WhatsApp

  • Buka WhatsApp kemudian pergi ke menu Pengaturan
  • Untuk mengakses folder Obrolan Terkunci yang tersembunyi, cukup ketikkan kode rahasia Anda ke dalam bilah pencarian di bagian atas daftar obrolan.
  • Dengan demikian, maka obrolan terkunci Anda akan ditampilkan.
  • Sementara jika Anda ingin memasukan obrolan baru ke folder Obrolan terkunci, maka Anda bisa klik obrolan tersebut kemudin pindahkan ke Obrolan Terkunci.

Manfaat menyembunyikan chat WhatsApp dengan kode rahasia

1. Ketenangan Pikiran

Pengguna dapat yakin bahwa obrolan pribadi mereka terlindungi, meskipun ponsel mereka jatuh ke tangan yang salah.

2. Kontrol Privasi

Kode Rahasia memberi pengguna kendali penuh atas siapa yang dapat mengakses obrolan mereka yang terkunci. Ini memastikan bahwa hanya orang yang mereka percayai yang dapat melihat percakapan sensitif.

3. Peningkatan Keamanan

Kombinasi kode rahasia dan obrolan terkunci yang tersembunyi secara signifikan meningkatkan perlindungan privasi, sehingga lebih sulit bagi individu yang tidak berwenang untuk mengakses informasi sensitif.

Itulah cara menyembunyikan chat WhatsApp dengan kode rahasia. Semoga tutorial WhatsApp ini bermanfaat!

Kontributor : Damai Lestari

Editor: Agung Pratnyawan

Tag:  #cara #menyembunyikan #chat #whatsapp #dengan #kode #rahasia #pasti #aman

KOMENTAR