BYD Pamerkan Denza D9 di IIMS, Pemanasan untuk Melawan Toyota Alphard
Denza D9 muncul yang diposisikan sebagi pesaing Toyota Alphard. (Foto: Dony)
17:04
20 Februari 2024

BYD Pamerkan Denza D9 di IIMS, Pemanasan untuk Melawan Toyota Alphard

- Melalui ajang IIMS 2024 pendatang baru asal Tiongkok merek BYD memamerkan sebuah MPV listrik bongsor Denza D9. Bila melihat dimensi dan tampilannya mobil listrik ini sebagai pesaing Toyota Alphard.

Menurut Presiden Direktur PT BYD Motor Indonesia Eagle Zhao sempat mengatakan bahwa kehadiran Denza D9 di IIMS 2024 hanya sebatas perkenalan kepada masyarakat Indonesia. Dimana pameran IIMS baru diikuti baru pertama kalinya.

"BYD baru pertama ikut pameran besar yang bertujuan untuk memperkenalkan produk. Kita mempunyai keluarga baru yaitu Denza, selain yang sudah kami luncurkan," ujar Eagle beberapa waktu lalu saat ditemui awak media (16/2).

Eagle juga menambahkan kalau kehadiran Denza D9 di IIMS 2024 sekaligus menjadi bukti bahwa BYD serius untuk bertarung di industrik otomotif Indonesia.

Nama Denza adalah salah satu branding BYD sama seperti halnya Ocean, Dynasty, YangWang dan Fang Cheng Bao. Pihak BYD masih belum mau membuka kran informasi terkait apakah mobil ini akan di jual di Indonesia.

Lebih jelasnya Denza merupakan anak perusahaan atau sub-brand dari BYD Auto. Perusahaan ini dibentuk atas gabungan dari Daimler AG. Diketahui untuk kepemilikan saham Daimler AG hanya 10 persen, sedangkan 90 persennya milik BYD.

Di negara asalnya Tiongkok, Denza D9 mempunyai konfigurasi tempat duduk 2+2+3 dengan ruang kabin yang diklaim luas. Sama seperti ketiga produk yang sudah diluncurkan di Indonesia, BYD Denza juga dibangun dengan e-platform BYD terdiri dari susunan Blade battery. 

Baterai yang digunakan pada MPV Denza diklaim mampu memberikan jarak tempuh maksimal 620 km dalam sekali pengisian daya.

Dalam produk global-nya, Denza D9 EV juga tersedia dalam varian hybrid yang mampu menempuh sejauh 945 km hingga1.040 km. Mobil baru tersebut diklaim memiliki tenaga listrik penuh mencapai 190 km.

Sedangkan untuk konsumsi bahan bakar diklaim sebesar 6,2 liter per 100 km atau setara 16,2 km per liter. Tenaga mesinnya dihasilkan dari mesin bensin 1.5 L turbocharged yang dipasangkan dengan motor listrik DM-i EHS170.

Mesin tersebut sanggup mengeluarkan tenaga 136 tk dan torsi 231 Nm, serta motor listrik 227 tk dan torsi puncak 340 Nm. Diketahui, di pasar Cina, BYD Denza D9 dijual dengan harga yang terjangkau yakni, mulai 335.000 Yuan atau sekitar Rp 700 jutaan.

Keunikan yang ada pada Denza diantaranya mempunyai dua fast charging port. Maka hal ini hanya membutuhkan waktu yang sebentar untuk mengisi dayanya dengan kemampuan maksimal 160 kW.

Sangat disayangkan, pihak BYD masih menutup kran informasi terkait kapan kemungkinan Denza D9 dijual di Indonesia. Namun biasanya bila sudah dipemamerkan bisa dimungkinkan akan dipasarkan di Indonesia, kita tunggu saja.

Editor: Dony Lesmana Eko Putra

Tag:  #pamerkan #denza #iims #pemanasan #untuk #melawan #toyota #alphard

KOMENTAR