Untuk Kalangan Pengguna Bisnis Ritel, Google Cloud Kenalkan Alat AI Generatif Mutakhir
Ilustrasi: AI Generatif di Google Cloud. (Google Cloud).
09:20
19 Pebruari 2024

Untuk Kalangan Pengguna Bisnis Ritel, Google Cloud Kenalkan Alat AI Generatif Mutakhir

Bisnis cloud Google telah memperkenalkan serangkaian alat baru yang didukung oleh kecerdasan buatan atau Artificial Intelligence (AI) generatif. Tools baru ini diklaim akan meningkatkan pengalaman belanja online dan berbagai operasi para pengusaha ritel.    Dilansir dari CNBC Internasional, di antara produk-produk baru tersebut adalah chatbot generatif bertenaga AI. Menariknya, chatbot tersebut konon sudah dirancang khusus untuk digunakan di situs web dan aplikasi seluler oleh pengecer.    Agen virtual ini berinteraksi dengan konsumen di berbagai platform (situs web dan aplikasi seluler). Chatbot AI akan memberikan rekomendasi produk berdasarkan preferensi pengguna.  

  Carrie Tharp, Wakil Presiden Industri Strategis di Google Cloud, menyoroti pesatnya evolusi AI generatif. Dia menyatakan bahwa ini telah menjadi salah satu kemampuan teknologi yang bergerak paling cepat dalam setahun. Dia menambahkan bahwa AI generatif kini menjadi bagian penting dari strategi banyak pengecer.   “Hanya dalam waktu satu tahun, AI generatif telah berubah dari konsep yang hampir tidak dikenal menjadi salah satu kemampuan yang bergerak paling cepat di seluruh teknologi dan menjadi bagian penting dari agenda banyak pengecer,” catat Tharp.   Penawaran Google Cloud adalah bagian dari tren peningkatan pengaruh AI generatif yang lebih luas di sektor ritel. Amazon memperkenalkan alat AI untuk penjual pada bulan September, dan selama musim belanja liburan baru-baru ini, banyak pengecer menerapkan teknologi yang sedang berkembang ini untuk meningkatkan berbagai aspek operasi mereka.  

  Fitur lain yang baru saja diumumkan Google adalah model bahasa besar yang hadir untuk meningkatkan kualitas pencarian produk. Meskipun saat ini tersedia di toko-toko tertentu, produk ini diharapkan dapat diakses lebih luas pada akhir tahun ini.   Selain penyempurnaan belanja online ini, produk AI Google mencakup alat untuk meningkatkan sistem layanan pelanggan dan menyederhanakan proses katalog produk untuk pengecer. Dampak AI tidak hanya terbatas pada belanja online. Dalam waktu dekat, toko fisik juga akan mendapatkan manfaat dari kemampuan baru melalui Google Distributed Cloud Edge, produk perangkat keras dan perangkat lunak yang sudah ada.   Pengumuman ini mendahului konvensi tahunan National Retail Federation di New York City. Hal ini mencerminkan integrasi berkelanjutan dari teknologi AI canggih ke dalam industri ritel.

Editor: Banu Adikara

Tag:  #untuk #kalangan #pengguna #bisnis #ritel #google #cloud #kenalkan #alat #generatif #mutakhir

KOMENTAR