MV3 Garuda Limousine, Mobil Presiden Prabowo Buatan Pindad yang Antipeluru dan Mampu Tetap Melaju meski Bannya Bocor
Presiden ke-8 Prabowo Subianto menyapa masyarakat di Pesta Rakyat di Bundaran HI menumpang Pindad MV3 Garuda Limousine. (Hanung Hambara/Jawa Pos)
14:36
20 Oktober 2024

MV3 Garuda Limousine, Mobil Presiden Prabowo Buatan Pindad yang Antipeluru dan Mampu Tetap Melaju meski Bannya Bocor

Presiden Prabowo Subianto menggunakan kendaraan khusus buatan PT Pindad untuk menunjang kebutuhan selama rangkaian acara pelantikan pada Minggu (20/10).

Kendaraan berbentuk sport utility vehicle (SUV) itu merupakan pengembangan dari kendaraan MV3 yang konsepnya juga digunakan pada kendaraan taktis (rantis) Maung. Dibuat khusus untuk kepala negara, MV3 Garuda Limousine dibekali berbagai kecanggihan dan proteksi maksimal.

Direktur Teknologi dan Pengembangan PT Pindad Sigit P. Santosa mengungkapkan bahwa MV3 Garuda Limousine dirancang dengan desain khas untuk memperlihatkan karakter kuat dan identitas bangsa Indonesia. Kendaraan yang digunakan oleh Presiden Prabowo saat menyapa masyarakat di Jalan Jenderal Sudirman dan Jalan M. H. Thamrin, Jakarta Pusat tersebut dilengkapi berbagai fitur keamanan dan kenyamanan. 

Mobil kepresidenan Pindad MV3 Garuda Limousine. (PT Pindad)

”Seperti halnya kendaraan MV3 Maung, Presiden Republik Indonesia Bapak Prabowo Subianto memiliki peran penting dalam mengungkapkan ide-ide inovatif, identitas bangsa, dan masukan terhadap kendaraan MV3 Garuda Limousine. Tim engineering kami beserta seluruh insan Pindad berupaya keras untuk  mewujudkannya, alhamdulillah hari ini produk buatan dalam negeri untuk pertama kalinya digunakan langsung oleh presiden,” terang Sigit. 

MV3 Garuda Limousine dikembangkan khusus dari MV3 untuk kendaraan presiden dan wakil presiden Indonesia. Kendaraan tersebut dibuat dengan material berkualitas.

Pindad merancang MV3 Garuda Limousine dengan bobot 2,95 ton, dimensi panjang sekitar 5,05 meter, lebar 2,06 meter, tinggi 1,87 meter, serta desain long wheelbase yang nyaman dan lega. Kendaraan itu memiliki daya mesin 199 HP, transmisi AT dengan delan percepatan, dan memiliki kecepatan maksimum 100 kilometer per jam. 

Sebagai kendaraan untuk presiden dan wakil presiden, MV3 Garuda Limousine dilengkapi dengan proteksi kendaraan yang mereka jadikan sebagai prioritas utama dalam pembuatannya. Fitur keamanan kendaraan tersebut ada pada seluruh area kendaraan.

Mulai bodi dengan material composite armor yang memiliki ketahanan terhadap amunisi kaliber 7,62 x 51 mm NATO ball & amunisi kaliber 5,56 x 45 mm M193, kaca antipeluru level B5-B6, sampai ban berukuran R21 dengan tipe Run Flat Tyre (RFT) yang bisa tetap melaju meski mengalami kebocoran di perjalanan.

Selain akan digunakan oleh Presiden Prabowo, Pindad juga menyediakan kendaraan tersebut untuk Wakil Presiden Gibran. Saat ini ada 4 unit yang sudah siap untuk digunakan. (*)

   

Editor: Dinarsa Kurniawan

Tag:  #garuda #limousine #mobil #presiden #prabowo #buatan #pindad #yang #antipeluru #mampu #tetap #melaju #meski #bannya #bocor

KOMENTAR