Bekas Nabrak, Ketahui Ciri-ciri Airbag Mobil Sudah Tidak Berfungsi
Ilustrasi: Airbag mobil sudah pernah meledak. (Valley Collision Repair)
17:44
18 Oktober 2024

Bekas Nabrak, Ketahui Ciri-ciri Airbag Mobil Sudah Tidak Berfungsi

  Airbag atau kantung udara menjadi fitur standar mobil-mobil masa kini. Airbag ini punya peran cukup vital untuk melindungi pengemudi dan penumpang dari bahaya benturan saat mobil menabrak atau ditabrak.   Airbag ini sifatnya sekali pakai, kalau sudah pernah meledak, sudah tidak bisa diperbaiki atau diakali lagi. Makanya, penting bagi calon pembeli mobil bekas untuk mengetahui, apakah airbag mobil yang ingin mereka beli masih berfungsi atau tidak yang disebabkan pernah mengalami insiden.   Airbag ini umumnya akan tersimpang di sisi pengemudi dan penumpang bagian depan sebelah kiri, tergantung dari jenis dan model mobil yang dimiliki. Jadi apabila terjadi tabrakan, maka airbag akan mengembang sehingga mencegah pengemudi ataupun penumpang untuk tertabrak kemudi maupun dashboard.   Akan tetapi perlu diingat jika airbag merupakan fitur sekali pakai yang tidak bisa diperbaiki sehingga ketika sudah pernah digunakan untuk mengatasi kecelakaan, maka harus diganti seluruhnya.    Harga yang ditawarkan pun juga mahal dan karena itulah banyak oknum yang melakukan penipuan mengenai kondisi airbag saat melakukan transaksi jual beli mobil. Jika Anda sedang melakukan pengecekan hal tersebut, maka berikut adalah beberapa cara cek airbag mobil yang dapat dilakukan dengan mudah.  

  Periksa Lampu Indikator   Salah satu cara cek airbag mobil apakah masih dapat berfungsi dengan normal maupun tidak adalah dengan melihat keadaan lampu indikatornya. Apabila lampu indikator ini menyala saat kontak dalam keadaan hidup maka airbag masih dapat berfungsi dengan normal.   Namun apabila lampu indikator tetap dalam keadaan mati saat kontak dalam keadaan hidup (on) maka mesin airbag berarti sudah pernah terpakai atau meledak. Waspada juga banyak pedagang yang melakukan manipulasi lampu ini dengan mem-bypass ke lampu lainnya dengan kabel atau solderan khusus, jadi perhatikan seluruh area speedometer apakah ada bekas congkelan atau tidak.  

  Periksa Logo SRS Airbag   Cara lainnya yang dapat Anda lakukan untuk mengecek kondisi airbag mobil adalah dengan memeriksa logo SRS Airbag yang berada pada bagian roda kemudi atau setir atau di area lainnya yang terdapat fitur airbag, seperti di dashboard.   Salah satu cara cepat untuk membuktikan bahwa mobil sudah dilengkapi oleh fitur airbag atau belum adalah dengan adanya logo SRS Airbag pada bagian tengah setir ataupun pada dashboard.   Umumnya, posisi airbag berada di dekat-dekat logo tersebut, jika airbag pernah meledak dan keluar, maka cover penutupnya juga akan pecah. Ada oknum pedagang nakal yang mengakali area tersebut dengan memperbaiki covernya, perhatikan dengan detail, apakah tulisan SRS Airbag-nya terlihat cacat atau tidak, ada bekas lem atau sambungan tidak, intinya kalau bekas reparasi, akan terlihat cacat.  

  Periksa Cover Airbag    Cara cek airbag mobil yaitu juga dapat dilihat dari bagian penutupnya. Cara ini kurang lebih mirip dengan melihat logo SRS Airbag. Jika penutup airbag sudah tidak lagi terasa rata, maka besar kemungkinan bahwa fitur tersebut sudah pernah meledak sebelumnya.  

  Periksa Bagian Ruang Mesin   Secara umum, airbag akan otomatis keluar saat mobil mengalami benturan keras khususnya pada bagian depan sehingga tentu bumper dan sasis akan turut mengalami kerusakan tersebut. Sasis yang sudah rusak karena kecelakaan akan sulit dikembalikan kondisinya bahkan jiwa sudah dibawa ke bengkel body repair sekalipun.   Jadi, Anda dapat cek pada bagian sasis di ruang mesin, bila sudah ada tanda-tanda pengecatan ulang, maka besar kemungkinan airbag mobil yang ingin Anda beli juga sudah pernah mengembang sebelumnya.

Editor: Banu Adikara

Tag:  #bekas #nabrak #ketahui #ciri #ciri #airbag #mobil #sudah #tidak #berfungsi

KOMENTAR