Jokowi Sebentar Lagi Diganti Prabowo, Menengok Kembali Mobil Kepresidenan RI dari Masa ke Masa
MOBIL DINAS PRESIDEN: Mercedes-Benz S600 Guard.
14:08
18 Oktober 2024

Jokowi Sebentar Lagi Diganti Prabowo, Menengok Kembali Mobil Kepresidenan RI dari Masa ke Masa

Pada Minggu (20/10) lusa, pemerintahan Joko Widodo (Jokowi) akan lengser dan berganti ke pemimpin baru. Menggantikan Jokowi yang sudah berkuasa selama 10 tahun lamanya alias dua periode, adalah Prabowo Subianto.   Bicara soal pergantian Presiden, tak lengkap rasanya jika tidak mengenang juga sejarah kendaraan tumpangannya dari masa ke masa. Ya, mobil kepresidenan, yang di setiap kepemimpinan pasti punya cerita tersendiri, termasuk jenis dan tipe mobil yang jadi pilihan.   Dirangkum dari berbagai sumber Indonesia sendiri, sebagai sebuah negara yang berdaulat sejak tahun 1945, telah memiliki sederet mobil kepresidenan yang digunakan oleh masing-masing presiden di tiap-tiap masa pemerintahannya. Masing-masing mobil kepresidenan yang digunakan berasal dari merek dan model yang berbeda-beda dengan keunggulan yang berbeda-beda pula.   Lalu apa saja merek dan model mobil kepresidenan yang digunakan di Indonesia sejak era Presiden RI pertama, Ir. Soekarno hingga presiden RI saat ini yang dijabat oleh Jokowi dan akan diganti oleh Prabowo Subianto? Berikut selengkapnya.  

  Presiden Soekarno   Mobil kepresidenan Indonesia tentu saja mulai digunakan pertama kali oleh Presiden Soekarno pada era awal kemerdekaan. Diantaranya mobil asal pabrikan negeri Paman Sam, Buick-8 dengan tipe limited-8 keluaran tahun 1939.    Mobil tersebut menggendong mesin berkapasitas 5.247 cc dan menjadi salah satu mobil paling tangguh di jamannya. Mobil yang penuh dengan nilai sejarah tinggi tersebut saat ini disimpan di Museum Gedung Joang 45, Jakarta.   Disamping Buick-8, Presiden Soekarno juga mendapatkan beberapa fasilitas mobil dinas lain selama masa pemerintahannya, diantaranya adalah mobil kepresidenan Cadillac 75, Mercedes-Benz 600, GAZ 13, Zil 111, Lincoln Cosmopolitan (limosin cabrio), hingga Chrysler Imperial.   

  Presiden Soeharto   Pada era Orde Baru atau masa pemerintahan Presiden Soeharto, mobil kepresidenan yang pertama kali digunakan adalah Cadillac Fleetwood Brougham. Mobil yang diproduksi tahun 1980 di Amerika Serikat ini merupakan generasi akhir dari varian Fleetwood.   Mobil ini memiliki dimensi body yang cukup panjang dengan tampilan yang terlihat mewah dan elegan, sehingga sangat menyerupai sebuah limosin. Mobil ini menjadi pilihan karena pada masa tersebut sangat cocok digunakan oleh petinggi negara khususnya kalangan VVIP.   Pada bagian mesin, mobil ini dibekali dengan dapur pacu V8 berkapasitas 4.100 cc dengan tenaga 135 daya kuda dan torsi maksimal 260 Nm. Adapun transmisi yang digunakan yaitu transmisi otomatis dengan 4 percepatan.   Selama menjadi mobil kepresidenan RI, Cadillac Fleetwood Brougham ini telah digunakan untuk beberapa kegiatan kenegaraan yang dilaksanakan oleh Presiden saat itu. Diantaranya untuk menerima kunjungan tamu negara Sultan Brunei Darussalam di Istana Merdeka pada 24 Oktober 1984 dan menerima surat-surat kepercayaan duta besar Republik Mesir untuk Indonesia pada 22 November 1995, demikian mengutip MPMRent.   Selain Cadillac Fleetwood Brougham, presiden Soeharto juga pernah menggunakan Mercedes-Benz 500 SEL sebagai kendaraan dinasnya sebagai Presiden RI. Mobil yang menggunakan mesin berkonfigurasi delapan silinder dengan kapasitas 5.000 cc ini diklaim mampu melaju hingga kecepatan 220 km/jam.    Menariknya lagi, mobil serupa juga pernah digunakan Presiden AS, Bill Clinton hingga Ratu Inggris, Elizabeth II. Mobil dinas presiden tersebut memiliki keamanan tingkat tinggi. Tidak hanya itu, Mercedes-Benz 500SEL dilengkapi kaca anti peluru. Bagian bodi mobil dilapisi baja dan platina hitam. Dengan demikian, mobil presiden Soeharto tahan dari serangan mortir dan guncangan.   Lalu pada 1994, pemerintah mengganti mobil kepresidenan untuk Presiden Soeharto menggunakan Mercedes-Benz S600 yang lebih mutakhir dan sempat pula menggunakan Mercedes Benz G-Class yang merupakan model SUV.  

  Presiden B.J. Habibie, Presiden Abdurrahman Wahid dan Megawati   Selepas lengsernya Presiden Soeharto, mobil kepresidenan berupa Cadillac Fleetwood Brougham ternyata masih sempat digunakan oleh penerusnya, yakni Presiden B.J. Habibie. Presiden B.J. Habibie diketahui memang menggunakan mobil kepresidenan warisan Soeharto selama masa pemerintahannya.   Salah satu mobil kepresidenan yang cukup sering digunakan adalah Mercedes-Benz S600. Selain B.J. Habibie, Mercedes-Benz S600 juga masih digunakan pada masa pemerintahan Presiden Abdurrahman Wahid atau Gus Dur dan juga Presiden Megawati Soekarnoputri.  

  Presiden Susilo Bambang Yudhoyono   Pada masa-masa awal pemerintahan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono, Mercedes-Benz S600 masih sempat digunakan sebelum akhirnya diganti. Tepatnya pada tahun 2007 pemerintah melakukan peremajaan terhadap armada kendaraan kepresidenan dan menggantinya dengan Mercedes-Benz S600 Pullman Guard yang diketahui lebih tangguh dan canggih.   S600 Pullman Guard mampu menahan tembakan senapan, mortir, granat, hingga serpihan ledakan bom. Tidak hanya body dan kaca anti peluru, mobil ini pun dipastikan masih dapat berjalan hingga 60 kilometer ketika rodanya mengalami kebocoran atau kempes.   Pada sisi jantung pacu, mobil ini diperkuat dengan mesin 12 silinder Biturbo, yang dapat menghasilkan tenaga hingga 517 hp. Mercedes-Benz S600 Pullman mampu melaju dengan kecepatan maksimum 210 km/jam, terbilang cukup kencang untuk mobil dengan bobot mencapai 4.200 kilogram.    Mobil kepresidenan ini diketahui masih digunakan saat awal era pemerintahan Presiden Joko Widodo hingga sering dikeluhkan mogok saat diajak kunjungan kerja.  

  Presiden Joko Widodo    Setelah Mercedes-Benz S600 Pullman warisan pemerintahan sebelumnya, Presiden Joko Widodo kemudian menggunakan Mercedes-Benz S600 Guard sebagai kendaraan kepresidenan terbarunya. Mercedes-Benz S600 Guard dipastikan lebih tangguh dan memiliki performa tinggi.    Dibekali mesin bensin V12 dikombinasikan dengan sistem transmisi otomatis 7G-Tronic, mobil ini dapat melesat dengan kecepatan maksimum 210 km/jam. Tenaga yang dihasilkan dari mesin V12 (12 silinder) yang digendongnya, yakni sebesar 530 hp dengan torsi maksimum sebesar 830 Nm.   Mercedes-Benz S600 Guard diklaim sangat hemat dalam mengkonsumsi bahan bakar untuk mobil di kelasnya. Disamping itu, guna memberikan kenyamanan absolut untuk RI1, S600 Guard juga dibekali dengan suspensi AIRMATIC atau suspensi udara yang membuat penumpang di dalamnya merasa nyaman meskipun pada kondisi jalanan tidak bagus sekalipun.   Untuk Presiden Prabowo Subianto, tampaknya masih akan menggunakan kendaraan warisan Jokowi. Hingga saat ini, belum terdengar wacana kalau Pemerintah akan mengganti mobil kepresidenan yang baru.   Demikian daftar mobil kepresidenan yang telah menemani perjalanan sejarah presiden Republik Indonesia dari masa ke masa. 

Editor: Banu Adikara

Tag:  #jokowi #sebentar #lagi #diganti #prabowo #menengok #kembali #mobil #kepresidenan #dari #masa #masa

KOMENTAR