YouTube Pamer Sudah Gaji Kreator Rp 1.000 Triliun dalam 3 Tahun
Logo YouTube, foto Reuters 21 Oktober 2015 (REUTERS/Lucy Nicholson)
21:00
12 Februari 2024

YouTube Pamer Sudah Gaji Kreator Rp 1.000 Triliun dalam 3 Tahun

YouTube mengumumkan kalau pihaknya sudah menggelontorkan dana ke para kreatornya hingga lebih dari 70 miliar Dolar AS atau sekitar Rp 1.000 triliun hanya dalam waktu tiga tahun.

Adapun akun yang mendapatkan cuan dari YouTube ini adalah para kreator, artis, hingga perusahaan media yang tergabung dalam YouTube Partner Program.

CEO YouTube Neal Mohan mengatakan kalau pihaknya bakal memberikan cuan lebih banyak kepada kreator berkat bantuan dari teknologi kecerdasan buatan alias artificial intelligence (AI).

“Dengan hadirnya AI generatif, YouTube akan mengembangkan cara-cara baru untuk memberdayakan ekspresi kreatif, mengelola hak, dan meningkatkan pendapatan bagi mitra kami,” kata Mohan, dikutip dari The Hindu, Senin (12/2/2024).

Dia menambahkan, AI seharusnya bisa menambah kreativitas manusia, bukan menggantikannya. Maka dari itu setiap orang harus memiliki akses terhadap alat AI yang bakal membantu mereka mengeluarkan ekspresi kreatif.

Di sisi lain Mohan mengatakan kalau Shorts--platform video pendek yang mirip TikTok--kini sudah mendapatkan rata-rata views hingga lebih dari 70 miliar setiap hari.

Jumlah channel yang rajin mengunggah konten di YouTube Shorts pun tumbuh 50 persen secara year over year. Begitu pula jumlah kreator yang menggunakan layanan membership kini meningkat lebih dari 50 persen ketimbang tahun lalu.

Editor: Dicky Prastya

Tag:  #youtube #pamer #sudah #gaji #kreator #1000 #triliun #dalam #tahun

KOMENTAR