Pengguna Instagram dan Threads Kini Bisa Menyembunyikan Konten Politik dari Beranda Mereka, Begini Caranya
Tampilan Fitur Untuk Mengurangi Tampilan Unggahan Terkait Politik yang Akan DIhadirkan ke Instagram. (Sumber : Instagram)
16:16
10 Februari 2024

Pengguna Instagram dan Threads Kini Bisa Menyembunyikan Konten Politik dari Beranda Mereka, Begini Caranya

 

Pengguna media sosial milik Meta yakni Instagram dan Threads sebentar lagi akan mendapatkan fitur baru.

Mereka kini dapat menyembunyikan konten-konten yang berkaitan dengan politik dan isu-isu sosial di beranda Instagram dan Threads.

Hal itu disampaikan melalui blog resmi Instagram pada Jumat (9/2). Mereka menyebut terapkan fitur ini demi kenyamanan dari pengguna.

“Kami tidak ingin mengganggu kenyamanan pengguna yang tidak ingin melihat konten politik dari orang yang tak mereka ikuti di beranda mereka,” tulis Instagram dalam blog tersebut.

Media sosial milik Meta itu mengatakan bahwa perubahan ini akan berdampak pada tampilan unggahan di laman Explore, Reels, Rekomendasi didalam Feed dan Pengguna yang disarankan.

Hal tersebut tidak berlaku pada konten dari orang-orang yang telah diikuti oleh pengguna saat mereka mengirim unggahan terkait politik, pemilihan umum dan isu sosial lainnya.

“Pengguna yang mengikuti akun tersebut masih dapat melihat unggahannya melalui Feed dan Stories,” tegas mereka.

Dalam unggahan blog tersebut, Instagram juga menyertakan contoh laman suggestion feed yang nantinya terdapat opsi untuk mematikan unggahan terkait politik.

Pengguna dapat membatasi konten-konten politik yang disajikan melalui laman Instagram mereka kedepannya.

Mereka hanya perlu mengakses menu tersebut melalui laman pengaturan dan langsung menuju bagian Suggested Content atau Konten yang Disarankan.

Setelah itu mereka hanya perlu menekan tombol menu yang bertuliskan 'Political Content' dan akan disuguhkan dua pilihan.

Pengguna dapat langsung memilih untuk melakukan pembatasan konten mengenai politik pada halaman tersebut dengan mengklik tombol 'Limit'.

Kiriman blog Instagram itu menyebut bahwa fitur pembatasan itu juga akan hadir di salah satu media sosial populer lain mereka yakni Facebook.

Namun belum dijelaskan kapan fitur-fitur tersebut akan dirilis dan tersedia untuk publik mengingat tahun ini beberapa negara di dunia memiliki agenda Pemilihan Umum.

Berdasarkan laporan The Verge, langkah tersebut bukan hal yang baru bagi sosial media yang berada dibawah naungan Meta.

Pada 2022 lalu perusahaan tersebut mengatakan bahwa konten yang berisi isu-isu politik hanya dibaca oleh kurang dari 3 persen pengguna di Amerika Serikat.

Selain itu pada tahun 2020, konten politik yang ditampilkan pada News Feed – sebutan populer beranda Facebook hanya mencapai 6 persen.

Selain itu Adam Mosseri, CEO Instagram pada 2023 lalu juga menyebut bahwa hadirnya Threads bukan sebagai tempat untuk mengunggah konten-konten berkaitan dengan politik dan hard news.

“Konten politik ber

potensi melahirkan hal-hal yang berbau negatif dan tidak sebanding dengan dampak yang ditimbulkan,” ujarnya.

 ***

Editor: Novia Tri Astuti

Tag:  #pengguna #instagram #threads #kini #bisa #menyembunyikan #konten #politik #dari #beranda #mereka #begini #caranya

KOMENTAR