Lampu Mobil Zaman Sekarang Gampang Kusam, Simak Tips Melakukan Perawatannya
Ilustrasi: Lampu mobil menguning. (Team-BHP)
15:44
14 Oktober 2024

Lampu Mobil Zaman Sekarang Gampang Kusam, Simak Tips Melakukan Perawatannya

  Bukan isapan jempol belaka kalau kualitas mobil sekarang beda dengan dulu, eranya tahun 90-an ke belakang. Hal tersebut bisa dilihat dari penggunaan material yang seadanya, murahan di berbagai sisi yang tentu saja bertujuan untuk menekan harga produksi.   Lampu salah satunya. Mobil dulu menggunakan lampu, utamanya bagian depan, dibuat dari material kaca asli, mineral dan bukan resin, plastik atau mika. Hasilnya apa? Lampu mobil zaman dulu, lebih kuat bahkan sampai digunakan di era sekarang.   Kalaupun rusak, ya karena pecah, disebabkan oleh tabrakan atau insiden lainnya, bukan karena pemakaian. Beda dengan lampu mobil sekarang yang gampang menguning, kusam, rusak walau dipakai biasa saja.   

  Oleh karenanya, melakukan perawatan lampu menjadi penting. Mengetahui cara merawat mika lampu dan melakukan perawatan secara rutin dan berkala akan memberikan ketahanan dan keawetan mika lampu, baik dari sisi kebeningan kaca hingga kehalusan permukaan mika lampu.    Berikut ini tips cara merawat mika lampu kendaraan agar tetap awet dan terjaga kebeningannya.   

  Parkir di Tempat Teduh   Sinar UV yang berasal dari matahari dapat memberikan dampak mika lampu menjadi menguning lebih cepat akibat panas yang berasal dari sinar UV. Sebaiknya hindari parkir ditempat panas atau gunakan pelindung lampu ketika mobil Anda terpaksa harus parkir ditempat panas.   Gunakan Cairaan Penolak Sinar UV   Cairan anti sinar UV ini bisa anda dapatkan di toko sparepart mobil terdekat, karena banyak di jual umum di pasaran. Cairan ini dapat di gunakan sebagai pelindung mika lampu mobil agar awet bening.  

  Gunakan Bohlam Lampu Sesuai Spesifikasi    Di setiap lampu mobil tertulis spesifikasi lampu standar pabrik, apabila Anda mengganti dengan lampu yang watt nya lebih besar dapat mengakibatkan mika lampu menjadi cepat menguning atau buram karena panas yang di timbulkan melebihi dari kapasitas yang dibuat untuk mika lampu tersebut.    Maka gunakanlah bohlam lampu yang sesuai standard mobil tersebut. Apabila ingin mengganti bohlam, gunakanlah lampu yang watt nya lebih kecil tetapi memiliki hasil cahaya yang lebih terang.   Cuci Setelah Kena Hujan   Air hujan dan kotoran dapat membuat mika lampu mobil Anda mengalami goresan yang dapat membuat kotoran tersebut masuk ke dalam mika lampu sehingga mika lampu menjadi buram. Sebaiknya segera cuci lampu menggunakan air bersih ketika mobil anda baru saja terguyur hujan.   Jangan lupa juga untuk menggunakan hanya lap yang lembut saat mengeringkan permukaan mika lampu mobil Anda untuk mencegah terjadinya goresan pada mika mobil anda.  

  Gunakan Cairan Khusus   Setelah anda mengikuti beberapa tips diatas, namun mika lampu sudah terlanjur buram dan menguning, Anda dapat menggunakan cairan atau obat khusus untuk bahan mika ataupun plastik dan di bantu menggunakan amplas halus.

Editor: Banu Adikara

Tag:  #lampu #mobil #zaman #sekarang #gampang #kusam #simak #tips #melakukan #perawatannya

KOMENTAR