Apple Siap Meluncurkan Smartphone Lipat Layar 7 Inci
Ilustrasi iPhone, (freepik)
10:40
4 Februari 2024

Apple Siap Meluncurkan Smartphone Lipat Layar 7 Inci

Tidak mau ketinggalan, Apple dirumorkan tengah menyiapkan smartphone lipat dengan layar kisaran 7 hingga 8 inci.

Dilansir dari laman The Elec, Minggu (4/2/2024) peluncuran produk diharapkan paling cepat pada tahun 2026-2027.

Ada pula pengamat yang menyampaikan bahwa produk yang berpotensi menjadi perangkat lipat pertama Apple ini bisa menggantikan model iPad mini 8,3 inci yang berbentuk tablet.

Namun, karena Apple juga sedang dalam proses mengembangkan OLED untuk iPad mini, diperkirakan Apple belum memutuskan spesifikasi produk lipat berukuran 7 inci hingga awal 8 inci tersebut.

Rumor yang berkembang, menyebutkan bahwa Apple sedang mempertimbangkan untuk meluncurkan produk yang dapat dilipat antara akhir 7 inci dan awal 8 inci.

Jika peluncuran produk lipat berukuran 7 inci hingga awal 8 inci terkonfirmasi, maka ini akan menjadi smartphone lipat pertama Apple.

Kantor Apple di Cupertino. [Carles Rabada/Unsplash]Kantor Apple di Cupertino. [Carles Rabada/Unsplash]

Samsung Display dan LG Display diketahui telah mengirimkan sampel panel lipat masing-masing berukuran akhir 6 inci dan akhir 7 inci ke Apple tahun lalu.

Mengenai produk lipat akhir berukuran 7 inci hingga awal 8 inci yang sedang dipertimbangkan Apple.

Pabrikan pimpinan Tim Cook itu memperkirakan bahwa itu akan menjadi model iPhone yang dapat dilipat atau model iPad yang dapat dilipat.

Namun, sifat dan spesifikasi produk belum diselesaikan.

Ada yang mengatakan bahwa konsep produk lipat Apple akhir 7 inci hingga awal 8 inci adalah untuk menggantikan model iPad mini 8,3 inci, yaitu tablet.

Di antara seri iPad, model mini 8,3 inci adalah yang terkecil.

Model lainnya mencakup 10,2 inci (generasi ke-9), 10,8 inci (Udara), 11,0 inci (Pro), dan 12,9 inci (Pro).

Tahun ini, iPad Pro 11,0 inci dan 12,9 inci akan menggunakan dioda pemancar cahaya organik (OLED) untuk pertama kalinya.

Sebaliknya, ada argumen tandingan bahwa perangkat lipat Apple berukuran 7 inci hingga awal 8 inci dari Apple tidak akan menjadi pengganti iPad mini.

iPad Mini 6 . [Apple]iPad Mini 6 . [Apple]

Berdasarkan fakta bahwa Apple juga sedang mengerjakan proyek pengembangan OLED untuk model iPad mini.

Di kalangan perusahaan panel, Samsung Display diketahui lebih aktif mengembangkan panel lipat Apple dibandingkan LG Display.

Setelah produksi massal diputuskan, Samsung Display diperkirakan akan memproduksi panel lipat dari lini OLED A3 atau A4 generasi ke-6 yang memproduksi iPhone OLED.

Pada Desember tahun lalu, Samsung Display melakukan reorganisasi organisasi berdasarkan pemfokusan kemampuannya dalam merespons produk lipat Apple dan membentuk tim mikrodisplay independen untuk perangkat extended reality (XR).

Di industri, pandangan umum adalah jika Apple memutuskan untuk memproduksi panel secara massal untuk produk lipat di kisaran akhir 7 inci hingga awal 8 inci pada tahun 2026, hanya satu perusahaan, Samsung Display, yang akan merespons.

Pasalnya, Samsung Display memiliki keunggulan karena telah mengumpulkan pengalaman dalam produksi massal dengan memasok panel untuk ponsel lipat Samsung Electronics yang telah dirilis sejak 2019 selama beberapa tahun.

Sementara itu, LG Display kemungkinan akan memulai produksi massal panel lipat Apple. setahun lebih lambat dari Samsung Display.

Di sisi lain, karena alasan seperti fakta bahwa spesifikasi produk lipat Apple belum dikonfirmasi.

Apple tidak akan melanjutkan pengembangan panel lipat hanya dengan Samsung Display, LG Display telah mengembangkan panel lipat bersama-sama dimulai dengan yang pertama dari Apple.

Apple MacBook 14 dan 16 Inci. [Apple]Apple MacBook 14 dan 16 Inci. [Apple]

Ada juga spekulasi bahwa itu akan diproduksi secara massal.

Meskipun Apple belum mengonfirmasi spesifikasi produk lipatnya di akhir 7 inci hingga awal 8 inci,

Apple, Samsung Display, LG Display, dan lain-lain sedang mendiskusikan Ultrathin Glass (UTG), jendela penutup panel yang dapat dilipat, dan konsep engsel, yang merupakan inti dari mekanisme produk.

Selain itu, tanggal rilis produk lipat 20,25 inci yang diketahui sedang dipersiapkan Apple diperkirakan lebih lambat dari produk lipat akhir 7 inci hingga awal 8 inci.

Oleh karena itu, jika Apple merilis iPad OLED pertamanya tahun ini dan merilis produk lipat berukuran 7 inci hingga awal 8 inci sekitar tahun 2026-2027, produk tersebut diperkirakan akan diikuti oleh MacBook OLED dan produk lipat 20,25 inci.

Ada spekulasi di industri bahwa Apple akan melakukan perubahan pada iPhone pada 2027.

Tahun 2027 menandai peringatan 20 tahun peluncuran iPhone pertama Apple dan 10 tahun peluncuran iPhone OLED pertama.

Editor: Dythia Novianty

Tag:  #apple #siap #meluncurkan #smartphone #lipat #layar #inci

KOMENTAR