Mirip VW ID.Buzz, Mercedes-Benz Siapkan Van Berukuran Besar yang Ditenagai Penggerak Listrik
Mobil listrik baru tengah disiapkan Mercedes-Benz. (Carscoops)
11:08
11 Oktober 2024

Mirip VW ID.Buzz, Mercedes-Benz Siapkan Van Berukuran Besar yang Ditenagai Penggerak Listrik

Mobil listrik berukuran kecil hingga sedang saat ini sudah banyak berkeliaran di jalan raya. Melihat penetrasi dan kehadirannya yang sudah mulai diterima masyarakat, saat ini produsen kendaraan mulai meningkatkan skalanya ke yang lebih besar.

 

Bus bahkan truk yang menggunakan penggerak listrik bahkan sudah ada. Mengikuti tren yang sudah ada, saat ini juga mulai bermunculan van-van atau MPV berukuran lebih besar dirilis. Dari VW misalnya ada ID.Buzz, mobil listrik yang secara ukuran, saat ini bisa dibilang berukuran jumbo.

Mirip dengan VW ID.Buzz, Mercedes-Benz dikabarkan mempersiapkan mobil serupa.  Mercedes memberi kesempatan kepada fotografer mata-mata dengan merilis foto resmi van generasi berikutnya. Van ini dibuat berdasarkan Arsitektur Van Elektrik Mercedes‑Benz (VAN.EA) baru, yang disebut sebagai "modular, fleksibel, dan dapat diskalakan."

Meskipun kita telah melihat beberapa mobil V-Class yang ada sekarang, gambar terbaru memperlihatkan prototipe yang mendekati produksi dan memiliki bodi baru. Bodi ini sebagian besar tersembunyi di balik kamuflase dan cover yang menutup identitas mobil tersebut, tetapi kita bisa melihat sekilas lampu depan baru serta gagang pintu yang terpasang rata.

Keduanya dipadukan dengan frame kaca yang dimodernisasi dan tampilan depan yang tampak lebih tegak. Desainer juga memindahkan kaca spion ke pintu, sekaligus mengubah pintu bagasi belakang.

Dilansir dari Carscoops, sayangnya Mercedes tidak banyak bicara tentang prototipe tersebut, tetapi menegaskan kembali bahwa "semua van berukuran sedang dan besar yang baru dikembangkan" akan menggunakan arsitektur VAN.EA mulai tahun 2026.

Perusahaan otomotif Jerman itu melanjutkan dengan mengatakan bahwa platform tersebut akan memungkinkan "pembedaan yang jelas antara van yang diposisikan secara pribadi di segmen mewah dan van komersial di segmen premium."

Secara efektif, tampaknya akan ada pemisahan yang lebih besar antara Vito dan V-Class. Mercedes menambahkan "portofolionya akan berkisar dari van keluarga hingga angkutan VIP eksklusif hingga limusin mewah dan luas untuk pelanggan dengan tuntutan tertinggi.

Menyoal spesifikasinya masih belum jelas, tetapi produsen mobil itu mengatakan van tersebut akan menawarkan penggerak roda depan dan semua roda atau All Wheel Drive. Van tersebut juga akan memiliki teknologi 800V , pengisi daya AC 22 kW, dan Sistem Operasi Mercedes‑Benz versi terbaru.

Perusahaan tersebut sebelumnya mengatakan bahwa van mewah pribadi akan memiliki jangkauan "lebih dari" 311 mil (500 km). Sistem pengemudian semi-otonom Level 2 akan tersedia saat peluncuran dan ada rencana untuk sistem Level 3 pada akhir dekade ini. (*)

Editor: Dinarsa Kurniawan

Tag:  #mirip #idbuzz #mercedes #benz #siapkan #berukuran #besar #yang #ditenagai #penggerak #listrik

KOMENTAR