Pertama Kali! Elon Musk Katakan Neuralink Telah Menanamkan Chip Pada Otak Manusia
Elon Musk founder Neuralink . Sumber Foto: Dado Ruvić/Reuters
11:52
30 Januari 2024

Pertama Kali! Elon Musk Katakan Neuralink Telah Menanamkan Chip Pada Otak Manusia

- Elon Musk yang menjadi miliarder sekaligus pendiri Neuralink, mengatakan manusia pertama menerima implan dari startup chip otak pada hari Minggu.

Dilansir dari The Guardian, manusia yang menerima chip tersebut dikabarkan telah pulih dengan baik.

Badan Pengawas Obat dan Makanan AS (FDA) telah memberikan izin kepada perusahaan tersebut tahun lalu untuk melakukan uji coba pertama untuk menguji implannya pada manusia.

Lonjakan adalah aktivitas neuron, yang digambarkan oleh National Institute of Health sebagai sel yang menggunakan sinyal listrik dan kimia untuk mengirimkan informasi ke seluruh otak dan tubuh.

Studi Prime yang dilakukan startup ini adalah uji coba antarmuka otak-komputer nirkabel untuk mengevaluasi keamanan implan dan robot bedah.

Studi ini akan menilai fungsionalitas antarmuka, yang memungkinkan penderita quadriplegia, atau kelumpuhan keempat anggota badan, untuk mengontrol perangkat dengan pikiran mereka, menurut situs web perusahaan.

Reuters melaporkan awal bulan ini bahwa Neuralink didenda karena melanggar peraturan Departemen Transportasi AS (DoT) mengenai pergerakan bahan berbahaya.

Selama inspeksi fasilitas perusahaan di Texas dan California pada bulan Februari 2023, penyelidik Departemen Pertahanan menemukan bahwa perusahaan tersebut gagal mendaftarkan dirinya sebagai pengangkut bahan berbahaya, menurut catatan badan tersebut.

Mereka juga menemukan pengemasan limbah berbahaya yang tidak tepat, termasuk cairan Xylene yang mudah terbakar.

Xylene dapat menyebabkan sakit kepala, pusing, kebingungan, kehilangan koordinasi otot dan bahkan kematian, menurut Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit AS.

Neuralink menerima izin FDA tahun lalu untuk uji coba pertamanya guna menguji implan perusahaan pada manusia, sebuah tonggak penting bagi startup ini.

Reuters melaporkan pada bulan Juni bahwa perusahaan tersebut bernilai $5 miliar, berdasarkan perdagangan saham swasta.

Editor: Hanny Suwin

Tag:  #pertama #kali #elon #musk #katakan #neuralink #telah #menanamkan #chip #pada #otak #manusia

KOMENTAR