BYD Dolphin dan Atto 3 yang Dipasarkan di Indonesia Aman dari Recall
Diler BYD di Sudirman berikan layanan 4S. (Dony)
17:04
8 Oktober 2024

BYD Dolphin dan Atto 3 yang Dipasarkan di Indonesia Aman dari Recall

- Sempat diberitakan sebelumnya merek otomotif asal Tiongkok yaitu Build Your Dreams (BYD) melakukan recall ribuan unit untuk model Dolphin dan Atto 3 terkait perangkat pengendali kolom kemudi yang bermasalah.

Di informasikan bahwa mobil yang terdampak recall tersebut pada perangkat yang berdaya listrik tersebut cacat produksi. Hal ini bisa berakibat penutup perangkat pengedali kolom kemudi mengganggu papan sirkuit rangkaian pada sistem kelistrikan sumberdaya perangkat pengendali.

Bila hal itu berlangsung terus menerus saat mobil digunakan, maka akan menimbulkan keretakan kecil pada kapasitor dari sistem kelistrikan ini. Maka keretakan yang berpotensi meluas akan mengakibatkan hubungan arus pendek alias korsleting.

Maka sangat dikhawatirkan akan terjadi peluang kebakaran. Terkait hal tersebut BYD mengambil langkah, melaporkan hal tersebut ke Lembaga Negara untuk Regulasi Pasar (SAMR).

Racall dilakukan mulai 30 September 2024 dan ini (penarikan) dilakukan oleh dua anak perusahaan BYD yaitu BYD Auto Industry Cp.Ltd dan BYD Auto Co.Ltd

Bila dirinci, BYD Auto Industry Co melakukan recall sebanyak 87.762 unit BYD Dolphin dan BYD Yuan Plus (Atto 3) yang diproduksi pada 4 Februari 2023 hingga 26 Desember 2023.

Sedangkan untuk BYD Auto Co.Ltd melakukan recall sebanyak 8.952 unit untuk model Yuan Plus (Atto 3) yang diproduksi 2 November 2022 hingga 19 Juni 2023.

Sebagai informasi model yang dilakukan recall tersebut juga di jual di Indonesia dan mendapat respon yang cukup baik. Menanggapi hal ini Head of Marketing, PR & GovernmentBYD Indonesia Luther Panjaitan angkat bicara bahwa unit yang dipasarkan di Indonesia aman.

"Konsumen di Indonesia tidak perlu khawatir, meskipun model yang di jual sama namun yang di recall itu adalah stir kiri dan dengan tahun produksi tertentu," ujarnya kepada JawaPos.com di bilangan Sumarecon Bekasi (7/10).

Luther menambahkan bahwa langkah yang di ambil BYD untuk memberikan rasa aman dan nyaman konsumen. Karena BYD yang merupakan perusahaan global yang fokus dengan teknologi EV akan terus melakukan inovasi dalam memberikan kemudahan dan keselamatan konsumen.

"Hingga dilakukan recall pihak kami (BYD Global) belum mendapatkan laporan terkait korban jiwa. Ini artinya merek ini sangat sigap dalam mengambil inisiatif dengan tindakan penarikan unit yang ada pada konsumen. Indonesia gak perlu khawatir," pungkasnya. 

Editor: Dony Lesmana Eko Putra

Tag:  #dolphin #atto #yang #dipasarkan #indonesia #aman #dari #recall

KOMENTAR