Berencana Beli Televisi? Simak Dulu Perbedaan Android TV dan Smart TV
Ilustrasi Smart TV dan Android TV./Sumber foto: pexels
21:08
27 Januari 2024

Berencana Beli Televisi? Simak Dulu Perbedaan Android TV dan Smart TV

 

 - Beberapa waktu lalu, setelah pemerintah menghentikan channel televisi analog, banyak bermunculan merk Smart TV dan Android TV di Indonesia.

mungkin bagi yang belum tahu, akan sangat kesulitan membedakan antara Android TV dan Smart TV.

Sejujurnya, sulit membedakan keduanya jika Anda bukan ahli di bidang pertelevisian. 

Android TV dan smart TV sangat mirip sehingga Anda dapat berargumentasi bahwa Android TV pada dasarnya adalah smart TV. Meski demikian, tidak semua smart TV adalah Android TV. 

Smart TV adalah perangkat TV modern yang melampaui fungsi TV tradisional dalam menampilkan siaran.

Smart TV berjalan pada Sistem Operasi (OS), yang sangat mirip dengan komputer atau ponsel pintar yang memungkinkan dapat terhubung dengan internet.

Sistem Operasi yang paling populer adalah OS Android, dan smart TV yang berjalan pada OS Android bisa disebut dengan Android TV.

Dengan demikian, Android TV adalah bagian dari Smart TV dan dijalankan secara khusus di Sistem Operasi Android.

Smart TV dan Android TV merupakan hubungan inklusif, sedangkan Android TV memiliki hampir semua fungsi smart TV tetapi dengan sistem operasi Android yang didukung oleh Google. 

Beberapa produsen TV juga memiliki sistem operasi bawaannya sendiri saat meluncurkan smart TV. Begitu pula jika sistem operasi smart TV adalah Roku, kita bisa menyebutnya Roku TV.

Untuk lebih jelasnya Dilansir dari TCL.com (27/1), berikut adalah perbedaan antara Android TV dan Smart TV.

Perbedaan Android TV dan Smart TV

1. Program Aplikasi

Android Tv dan Smart Tv didukung oleh aplikasi populer yang jumlahnya sangat berbeda. Berkat dukungan OS Android, Apps Store, Android TV memberikan aplikasi yang lebih banyak.

Android TV bisa mengunduh banyak program aplikasi yang sama dengan smartphone.

Namun, untuk Smart TV yang menjalankan sistem operasi lain, seperti Tizen OS atau WebOS, aplikasi yang didukung akan terbatas. Hanya beberapa aplikasi bawaan terkenal yang dapat diakses melaluinya.

2. Pembaruan Sistem Operasi dan Aplikasi

Karena perkembangan Android TV yang sangat aktif dan pengembang secara rutin mendorong pembaruan baru untuk berbagai aplikasi, Android TV lebih unggul dari smart TV dalam hal pembaruan aplikasi dan sumber daya media streaming. 

Selain itu, terhubung dengan WiFi, Android TV menawarkan pembaruan aplikasi secara otomatis, sementara smart TV sulit mendapatkan pembaruan dalam hal ini.

3. Asisten Suara

Dengan menggunakan Sistem Operasi bawaan google, Android TV bisa menggunakan asisten Google yang fungsinya dapat berpindah saluran atau mencari aplikasi hanya dengan suara.

Sebaliknya, di Smart TV anda harus memasukan perintah menggunakan keyboard pada TV. Meskipun banyak smart TV yang mendukung kontrol suara, mereka harus dipasangkan dengan perangkat seperti Alexa untuk mencapai fungsi ini.

4. Pencerminan dan Transmisi Layar

Karena menggunakan OS Android yang sama dengan smartphone, anda bisa menyambungkan gambar layar smartphone pada Android TV.

Namun hal ini tidak bisa dijangkau oleh Smart Tv. Anda membutuhkan perangkat dan peralatan tambahan untuk bisa menggunakan fitur ini, yang berarti dapat memakan biaya dan tenaga tambahan.

5. Bermain Game

Smart Tv yang tersedia saat ini menawarkan kemampuan untuk bermain game melalui toko aplikasi.

Namun untuk pemilihan game yang akan dimainkan, Android TV lebih unggul karena support dari toko aplikasi google yang pembaruannya sangat cepat dan banyak game yang bisa dimainkan.

Android Tv dan Smart TV mana yang lebih baik?

Seperti disebutkan sebelumnya, Android TV pada dasarnya adalah TV pintar, meskipun memiliki lebih banyak pilihan di beberapa fungsi tambahan dan perpustakaan aplikasi. 

Smart TV yang menyediakan antarmuka yang ramah pengguna dan lugas biasanya berperforma lebih baik dan berjalan lebih cepat dibandingkan Android TV karena aplikasi yang diluncurkan lebih sedikit. Selain itu, smart TV dapat diupgrade ke Android TV melalui Android TV box, seperti Chromecast. 

Dengan kemampuan terhubung ke internet, memutar materi dari layanan streaming tanpa menggunakan perangkat eksternal, dan menawarkan fitur kontrol suara, televisi menjadi lebih pintar.

Beberapa smart TV juga dapat digunakan untuk mengelola perangkat rumah pintar. Tren seperti itu mendorong smart TV dan Android TV secara bertahap menguasai pasar yang luas di seluruh dunia. 

Secara keseluruhan, keduanya merupakan produk TV arus utama di pasar saat ini, dan masing-masing memiliki kelebihannya masing-masing.

***

Editor: Novia Tri Astuti

Tag:  #berencana #beli #televisi #simak #dulu #perbedaan #android #smart

KOMENTAR