Hadir di CES 2024, Kia Motors Umumkan Platform EV Komersial yang Canggih
Ilustrasi: Platform EV baru Kia diungkap di CES 2024. (Motor1).
18:24
9 Januari 2024

Hadir di CES 2024, Kia Motors Umumkan Platform EV Komersial yang Canggih

Nggak cuma merek perangkat elektronik rumah tangga saja, di Consumer Electronics Show (CES) 2024 di Las Vegas, Nevada, Amerika Serikat (AS), produsen otomotif turut hadir. Ya, saat ini, industri teknologi dan otomotif memang jadi dua hal yang beririsan, saling terikat satu sama lain dan saling membutuhkan. 

Salah satu yang hadir di CES 2024 adalah produsen otomotif kenamaan dari Korea, Kia. Kia Motors, merek yang secara tradisional terkenal dengan mobil ramah anggarannya, kini merambah wilayah baru dengan peluncurannya baru-baru ini di CES.   Produsen mobil asal Korea ini memperkenalkan konsep yang cukup menarik di pasar kendaraan listrik atau Electric Vehicle (EV) komersial bernama Kia Platform Beyond Vehicle (PBV). Ide inovatif ini melampaui desain kendaraan tradisional, yang bertujuan untuk mendefinisikan kembali mobilitas dan utilitas di sektor komersial.  

  Dilansir via InsideEVs, PBV bukan hanya sebuah kendaraan tunggal namun merupakan platform serbaguna yang mendukung berbagai kendaraan listrik. Ini termasuk PV1, van kompak, PV7, van yang lebih besar untuk pengangkutan jarak jauh, dan PV5 menengah, tersedia dalam beberapa varian termasuk robotaxi otonom.    Yang membedakan kendaraan ini adalah desain modularnya. Bagian-bagian di belakang pengemudi dapat diubah, memungkinkan sasis yang sama untuk melayani tujuan yang berbeda seperti taksi di siang hari atau mobil pengantar barang di malam hari, dan kendaraan rekreasi di akhir pekan.   Kemampuan beradaptasi ini dicapai melalui teknologi kopling elektromagnetik dan mekanis hibrida yang unik. Kendaraan tersebut juga tidak dapat dilas, sehingga memudahkan modifikasi untuk menyesuaikan berbagai ukuran dan fungsi. Fleksibilitas tersebut merupakan perubahan signifikan dari kendaraan komersial tradisional, yang seringkali terbatas dalam penggunaan dan penyesuaiannya.  

  Ambisi Kia dengan lini PBV juga meluas ke ranah perangkat lunak. Perusahaan berencana untuk menggabungkan alat manajemen armada, pembaruan melalui udara, dan teknologi AI untuk menawarkan solusi bisnis yang disesuaikan.    Pendekatan ini menunjukkan adanya perubahan strategi Kia, dari sekedar menjual mobil menjadi menyediakan solusi mobilitas yang komprehensif. Selain itu, fokus Kia pada integrasi perangkat lunak dan AI, seperti pemantauan inventaris dan perencanaan rute yang cerdas, menunjukkan pemahaman yang mendalam tentang kebutuhan sektor komersial yang terus berkembang.    Dengan mengintegrasikan teknologi ini, Kia bertujuan untuk meningkatkan efisiensi operasional dan pemeliharaan prediktif untuk bisnis. Menarik untuk menunggu realisasi platform EV baru Kia ini di pasaran. Kita nantikan saja.

Editor: Banu Adikara

Tag:  #hadir #2024 #motors #umumkan #platform #komersial #yang #canggih

KOMENTAR