Melihat Mobil Drift King Keiichi Tsuchiya di IMX 2024 Toyota Corolla Sprinter Trueno AE86, Ini Kisah Dibaliknya
Mobil Keiichi Tsuchiya di IMX 2024. (Istimewa)
17:28
5 Oktober 2024

Melihat Mobil Drift King Keiichi Tsuchiya di IMX 2024 Toyota Corolla Sprinter Trueno AE86, Ini Kisah Dibaliknya

  Drift King Keiichi Tsuchiya bersama dengan mobil ikoniknya, Toyota Sprinter Trueno AE86 “Super Mame-Go” hadir secara eksklusif di Indonesia Modification Expo (IMX) 2024 yang berlangsung pada tanggal 4-6 Oktober 2024 di ICE BSD.   Datang di IMX 2024, Keiichi Tsuchiya juga berbagi kisah dibalik mobil kesayangannya itu. Diketahui, Keiichi Tsuchiya ini memiliki kecintaan yang sangat besar terhadap AE86 dan kiprahnya sebagai salah satu raja drift. Keiichi memenangkan balapan menggunakan Trueno pada tahun 1984 dengan catatan enam kemenangan berturut-turut.    Setelah itu Keiichi menjadi pembalap profesional. Dirinya sangat erat dengan Trueno karena memenangkan kejuaraan All-Japan Championship menggunakan Trueno.  

  Keiichi mengaku Levin juga terlihat manis dan ringan, namun dirinya merasa lebih cocok dengan Trueno. Awalnya Keiichi membeli Mame-Go dengan harga JPY 280.000 (sekitar Rp 29 jutaan untuk kurs saat ini) lebih dari 20 tahun lalu. Setelah membelinya, lalu mesin dimodifikasi secara maksimal.    Sampai dua mesin 4A-GE dan dua 5A-GE menjadi korbannya. Keiichi lalu berbicara ke TRD dan meminta mesin yang lebih baik dan kencang, saat itu kompetitornya adalah Civic Type R, RX-7 FC. Mobil sport memang sangat booming pada era 80-90-an. Keiichi sangat frustasi melawan mereka, sehingga pilihannya adalah mengoptimalkan mesin.   Lalu pilihan jatuh kepada mesin 7A-G. Hasilnya? Mesin tetap awet meskipun digunakan selama 5 tahun tanpa overhaul.  

  Awalnya mobil ini tidak menggunakan AC dan juga sistem audio. Tak ada masalah saat Keiichi masih muda, namun saat menginjak usia 50 tahun. Keiichi merasa perlu melakukan modifikasi sesuai dengan umur, hingga AC pun dipasang.    Kursi full bucket pun tidak cocok untuk tubuh yang mulai menua, sehingga kursi dengan fitur reclining dirasa lebih cocok.   “Saya membawa mobil saya AE 86 Super Mame Go. Ini pertama kali mobil saya datang ke Indonesia, tolong perlakukan dengan lembut," kata Keiichi Tsuchiya di arena IMX 2024.  

  Desain dan sejarah Super Mame-Go telah menjadi ikon dalam dunia modifikasi, khususnya untuk penggemar mobil-mobil klasik seperti Toyota AE86. Kehadiran Keiichi Tsuchiya dan Super Mame-Go di IMX 2024 bukanlah sekadar acara pameran mobil biasa.    Ini merupakan kombinasi yang ideal antara seorang ahli drifting dan kendaraan yang luar biasa. Super Mame-Go, dengan modifikasi yang khas dan performa yang mengesankan, telah menjadi lambang dari semangat drifting.

Editor: Banu Adikara

Tag:  #melihat #mobil #drift #king #keiichi #tsuchiya #2024 #toyota #corolla #sprinter #trueno #ae86 #kisah #dibaliknya

KOMENTAR