Toyota Recall Corolla Cross Hybrid Karena Rem Bermasalah
Toyota Corolla Cross Hybrid di AS di Recall karena cacat produksi. (Dony)
13:48
3 Oktober 2024

Toyota Recall Corolla Cross Hybrid Karena Rem Bermasalah

- Salah satu lini produk Toyota yang bermain di segmen Sport Utility Vehicle (SUV) medium yang menggunakan mesin hybrid di recall. Ya, merek Jepang ini melakukan penarikan kembali atau recall Corolla Cross Hybrid yang diproduksi 1 Juni 2022 - 10 September 2024.

Sekitar 42.000 unit kendaraan di Amerika Serikat terdampak masalah recall ini yang disebabkan ada kesalahan pada software atau perangkat lunak.

Kesalahan ini dalam kondisi tertentu saat pengemudi melakukan pengereman sambil berbelok, rem bisa terasa keras dan memperbesar potensi tabrakan.

Fungsi yang tidak semestinya (malfungsi) yang ada pada perangkat lunak tersebut akan mengakibatkan tekanan minyak rem tidak bisa dikendalikan seperti seharusnya. Peluang besar ini terjadi ketika mobil sedang bermanuver di jalanan berkelok.

Melansir dari laman resmi Lembaga Keselamatan Jalan Raya Nasional (NHTSA) Amerika Serikat (AS) juga menyebutkan bahwa “Pada saat dilakukan pengereman, pengemudi harus menginjak pedal rem yang tiba-tiba terasa keras. Hasilnya, mobil tidak segera berhenti di jarak seperti yang seharusnya. Ini dapat mengakibatkan kecelakaan,”

Toyota Motor di Amerika Serikat saat ini dikabarkan tengah melakukan penyelidikan atas laporan dari para pemilik mobil yang disampaikan ke NHTSA.

Bahkan, pihak internal Toyota juga melakukan penyelidikan terhadap model-model lain (selain Corolla Cross) yang menggunakan perangkat sistem bantuan rem yang sama. Hal ini untuk memastikan apakah mereka juga mengalami masalah yang sama.

Toyota berjanji segera menghubungi pemilik mobil yang kendaraannya terindentifikasi mengalami masalah untuk segera membawa mobilnya ke dealer. Bila hasil penyelidikan membuktikan masalah itu benar, Toyota akan melakukan perbaikan tanpa mengenakan biaya alias gratis. 

Mobil yang menggunakan dua sistem penggerak yakni mesin konvensional dengan motor listrik tersebut juga dijual di Indonesia. Akan tetapi perlu diketahui di Amarika Serikat Toyota Corolla Cross Hybrid produksi 2023 sudah dirakit di fasilitas Mazda Toyota Manufacturing Plant, Huntsville, Alabama.

Sedangkan Corolla Cross Hybrid yang dipasarkan di Indonesia dengan status CBU (Completely Built Up) atau diimpor utuh dari Thailand. 

Editor: Dony Lesmana Eko Putra

Tag:  #toyota #recall #corolla #cross #hybrid #karena #bermasalah

KOMENTAR