Musim Hujan Muncul Jalan Rusak, Ini Komponen Sepeda Motor yang Bakal Bermasalah Kalau Sering Ngehajar Lubang
Ilustrasi: Jalan rusak wajib diwaspadai pemotor saat musim hujan. (M Zubaidillah/Jawa Pos Radar Bromo)
10:04
3 Oktober 2024

Musim Hujan Muncul Jalan Rusak, Ini Komponen Sepeda Motor yang Bakal Bermasalah Kalau Sering Ngehajar Lubang

Hujan deras mulai sering melanda Jakarta dan sekitarnya. Meski belum sampai menyebabkan banjir, namun hujan yang turun dalam beberapa hari terkahir ini membuat kerusakan jalan atau jalan menjadi berlubang akibat aspal yang tergerus.   Kondisi jalan yang berlubang ini bisa jadi penyebab kecelakaan. Selain itu, kondisi jalan rusak ini juga berpotensi merusak komponen sepeda motor terutama di sektor kaki-kaki.     Kalau motor sering menghantam jalan berlubang, apalagi dengan kecepatan tinggi, ada beberapa komponen yang rawan rusak. Seperti sokbraker, bearing atau laher, ban dan pelek.    Hujan yang terus-menerus turun menyebabkan jalanan rusak dan banyak lubang-lubang. Selain berbahaya, lubang-lubang ini juga bisa merusak kaki-kaki motor dan beberapa komponen lainnya.    Berikut ini lima bagian motor berikut ini paling rentan alami kerusakan akibat melewati jalanan berlubang:  

  Ban    Kerusakan yang biasanya timbul biasanya ban benjol. Apalagi jika Anda menerjang lubang dalam kecepatan tinggi, semakin besar peluang ban benjol. Hal ini terjadi akibat nylon cord yang jadi kerangka ban putus akibat kerasnya hantaman. Anda perlu segera ganti jika ban benjol karena berisko ban pecah.   Velg    Kerusakan yang biasanya terjadi adalah velg retak, penyok atau bengkok. Jika Anda menggunakan velg jari-jari perlu setel ulang jeruji yang bengkok. Sementara untuk velg palang bisa diperbaiki dengan di-press. Namun, jika velg retak sebaiknya segera diganti.  

  Bearing    Benturan bisa sebabkan laher atau bearing oblak. Tanda-tandanya ban terasa oleng. Jika Anda alami kerusakan di bagian ini sebaiknya segera ganti laher atau bearing roda motor Anda.   Komstir   Tanda-tanda kerusakan pada komponen ini adalah Anda akan merasakan setang oblak terutama saat rem depan. Untuk solusi sementara Anda bisa Anda stel ulang lagi komstir motor Anda, tapi lebih baik jika komponen ini diganti untuk hindari masalah ini muncul kembali.   Shockbreaker    Terakhir, keseringan melibas lubang di jalan membuat shockbreaker kehilangan daya redamnya. Hal ini membuat perjalanan Anda jadi tidak nyaman. Service shockbreaker motor Anda atau ganti jika sudah dirasa tidak nyaman.

Editor: Banu Adikara

Tag:  #musim #hujan #muncul #jalan #rusak #komponen #sepeda #motor #yang #bakal #bermasalah #kalau #sering #ngehajar #lubang

KOMENTAR