Penjualan Lebih Laris, Huawei Libas Apple di Pasar Tablet
Huawei MatePad 11.5 S. (Huawei Indonesia)
19:08
28 September 2024

Penjualan Lebih Laris, Huawei Libas Apple di Pasar Tablet

Pangsa pasar tablet Huawei tumbuh signifikan pada kuartal kedua 2024. Berdasarkan data dari firma riset Canalys, Huawei berhasil mengalahkan Apple di China.

Laporan terbaru mengungkap bahwa Huawei mencetak pertumbuhan positif dalam dua kuartal beruntun. Pada kuartal sebelumnya, pangsa pasar tablet Huawei di China mampu mengungguli Apple.

Menurut Canalys, lima besar merek yang menguasai pasar tablet di Negeri Tirai Bambu adalah Huawei, Apple, Xiaomi, Honor, dan Lenovo. Huawei memuncaki daftar lima besar dengan mencetak pertumbuhan pasar sebesar 66 persen.

Apple harus rela berada di peringkat ketiga karena mengalami penurunan pertumbuhan pasar 14 persen secara YoY. Dikutip dari Gizmochina, Huawei telah mengirimkan 20,5 juta unit tablet pada Q2 2024 (April hingga Juni). Apple berada di peringkat kedua dengan pengiriman 20,1 juta unit.

Baca Juga: Tablet Gaming Lenovo Siap Meluncur Akhir September 2024, Bawa Deretan Spesifikasi Garang!

Penurunan pertumbuhan pasar Apple mengindikasikan bahwa raksasa teknologi AS ini kesulitan untuk mengimbangi pasar tablet China yang terus berkembang.

Pangsa pasar tablet di China pada Q2 2024. (Canalys)Pangsa pasar tablet di China pada Q2 2024. (Canalys)

Dalam daftar lima besar, Apple merupakan satu-satunya perusahaan yang mengalami perlambatan pertumbuhan. Xiaomi dan Honor masing-masing mencatat pertumbuhan pasar 24 persen serta 63 persen.

Melalui laporan terpisah, Huawei terlihat melampaui Apple terkait antusiasme penyambutan produk baru. Data pada e-commerce mengungkap bahwa HP lipat tiga Huawei telah laku 4 juta unit.

Smartphone Huawei laris manis meski Apple juga merilis iPhone 16. Menurut laporan Canalys, pasar China mengalami peningkatan pengiriman tablet sebesar 20 persen dibandingkan dengan kuartal lalu.

Itu kemungkinan didorong oleh promosi online yang agresif. Canalys memperkirakan bahwa perusahaan bakal berfokus ke fitur AI terkait pengembangan tablet baru.

Baca Juga: 9 Tablet Xiaomi Ini Kebagian HyperOS 2.0 dan Android 15, Bakal Cicipi Fitur Deteksi Kamera Tersembunyi

Vendor teknologi akan memanfaatkan fungsi AI untuk membedakan produk mereka di tengah persaingan sengit pasar tablet.

Editor: Cesar Uji Tawakal

Tag:  #penjualan #lebih #laris #huawei #libas #apple #pasar #tablet

KOMENTAR