Snapdragon 8 Elite Disiapkan untuk HP Flagship, Ada Xiaomi hingga Samsung
Snapdragon 8 Elite. (Weibo)
08:40
28 September 2024

Snapdragon 8 Elite Disiapkan untuk HP Flagship, Ada Xiaomi hingga Samsung

Qualcomm diyakini sedang bersiap mengnalkan Snapdragon 8 Elite. Chipset anyar tersebut bakal tersemat pada sejumlah HP flagship.

Sebagai informasi, beberapa leaker membocorkan keberadaan Snapdragon 8 Gen 4 pada beberapa minggu terakhir. Meski begitu, nama komersial chipset kemungkinan bukan 'Snapdragon 8 Gen 4'.

Teaser anyar dari Xiaomi memancing spekulasi bahwa Snapdragion 8 Gen 4 akan datang sebagai Snapdragon 8 Elite. Poster resmi menunjukkan adanya Snapdragon 8 Elite pada Xiaomi 15 series.

Beberapa ponsel seperti Xiaomi 15, Xiaomi 15 Pro, dan Xiaomi 15 Ultra dikabarkan membawa chipset anyar tersebut. Mengutip 9to5Google, Snapdragon 8 Elite diprediksi juga tersemat pada Redmi K80 Pro, Samsung Galaxy S25, OnePlus 13, dan iQOO 13 series.

Baca Juga: Gila! Xiaomi Rilis Smart TV 100 Inci, Harganya Bikin Melongo

Qualcomm memperkenalkan branding bergaya “Snapdragon 8 Gen 1” yang lebih sederhana pada akhir tahun 2021. Penamaan 'Snapragon 8 Gen' kemungkinan terhenti pada generasi keempat.

Snapdragon X Elite. (Qualcomm)Snapdragon X Elite. (Qualcomm)

Perubahan nama ini memang terkesan mendadak, tetapi masih masuk akal. Snapdragon 8 Elite diharapkan mengadopsi core Oryon milik Qualcomm. Ini merupakan core sama yang digunakan dalam chip laptop Snapdragon X Elite.

Chipset baru, yang dikenal secara internal sebagai “SM8750” atau dengan nama kodenya “Pakala,” akan memiliki dua core kelas atas dan enam core biasa.

Salah satu tujuan utama Snapdragon 8 Elite adalah kemampuan bersaing dengan prosesor Intel dan Apple dalam hal kinerja. Chipset diharapkan dapat mencapai clock speed di atas 4 GHz. Itu yang memungkinkan smartphone mencapai kecepatan yang lebih tinggi dan efisiensi yang lebih baik.

Qualcomm berharap perubahan ini akan memungkinkan PC bertenaga Snapdragon untuk melawan PC dengan chip M Apple. Dengan kemampuan sekelas dapur pacu PC, Snapdragon 8 Elite dirumorkan dapat melibas Apple A18 Pro (3 nm).

Baca Juga: Model Tertinggi Galaxy Tab S10 Series Bawa Layar 14,6 Inci, Spek Mewah

Editor: Budi Arista Romadhoni

Tag:  #snapdragon #elite #disiapkan #untuk #flagship #xiaomi #hingga #samsung

KOMENTAR