Pemanfaatan Teknologi AI untuk Dongkrak Kinerja Layanan Publik
Kevin Jonathan, Data Scientist PT Multipolar Technology Tbk. (Istimewa)
16:28
27 September 2024

Pemanfaatan Teknologi AI untuk Dongkrak Kinerja Layanan Publik

Layanan publik, baik yang dilakukan oleh institusi pemerintah maupun badan usaha milik negara (BUMN), mulai bertransformasi ke ranah digital. Pola konvensional yang serba-manual kini tengah beralih ke digitalisasi agar bisa memberikan layanan yang lebih baik, cepat, dan tepat.

Kevin Jonathan, Data Scientist PT Multipolar Technology Tbk, dalam presentasinya di ajang Forum Digital BUMN Summit 2024, mengatakan bahwa adopsi AI akan sangat mendukung peningkatan kinerja layanan sektor publik. Penggunaan Generative AI (GenAI), turunan dari AI, contohnya, mampu menyuguhkan jawaban yang dibutuhkan publik secara tepat dan real-time dalam bentuk chatbot.

“Kami memiliki solusi GenAI dengan nama VisionAnalytics-GPT. Solusi yang dibangun di atas platform IBM watsonx ini mampu menyuguhkan jawaban atau data seperti teks, gambar, video, dan musik sesuai permintaan yang diajukan melalui chatbot,” jelas Kevin.



Dia mencontohkan, jika disematkan dalam laman website atau saluran WhatsApp pemasaran perumahan tertentu, chatbot GenAI VisionAnalytics-GPT akan dengan mudah menjawab pertanyaan seputar jumlah rumah, alamat perumahan, tipe perumahan, pasokan rumah, dan lainnya di daerah itu.

Meski begitu, chatbot ini juga bisa diatur pembatasan bahasannya untuk tidak memberikan informasi di luar konteks perumahan tersebut seperti informasi perumahan kompetitor.

Solusi ini mengombinasikan teknologi Natural Language Processing (NLP), Machine Learning (ML), dan Large Language Model (LLM) sehingga komunikasinya terasa natural layaknya percakapan antar-manusia.

Selain bentuk chatbot, VisionAnalytics-GPT juga dilengkapi dengan analisis dan visualisasi tren terhadap suatu topik, baik itu berupa berita, ulasan produk, atau pun komentar terkait topik tersebut.

Komentar maupun respons pelanggan yang muncul dianalisis dan divisualisasikan ke dalam bentuk grafik atau pun heat-map yang dapat menjadi wawasan baru dalam pengambilan keputusan.

“Dengan dukungan teknologi terkini dan tim ahli yang andal di bidangnya, kami siap membantu sektor publik yang ingin mengotomasi proses bisnisnya dengan memanfaatkan solusi chatbot VisionAnalytics-GPT,” pungkas Kevin.

Editor: Mohamad Nur Asikin

Tag:  #pemanfaatan #teknologi #untuk #dongkrak #kinerja #layanan #publik

KOMENTAR