Caranya Gampang, Ini Cara Backup Semua Archive Instagram Supaya Nggak Hilang
Ilustrasi: Fitur Archive Instagram. (The Verge).
14:20
27 September 2024

Caranya Gampang, Ini Cara Backup Semua Archive Instagram Supaya Nggak Hilang

- Cara melakukan backup atau pencadangan Archive atau arsip di Instagram terbilang sangat mudah. Siapa saja bisa melakukan, sepanjang membuat Instagram tersebut dengan email pribadi dan bukan milik orang lain.   Langsung saja, pengguna Instagram bisa menyelamatkan konten video dan foto arsip sebelum terhapus. Anda bisa memindahkan arsip ke Google Drive, sebagaimana dilansir dari Instagram.   Pengguna perlu masuk ke akun Instagram username dan password lalu buka menu Profil dan tekan edit profil. Kalau sudah, gulir ke bawah, klik Personal Information Settings.  

  Lalu pilih Your Information and Permissions tekan Download Your Information dan tekan Download or Transfer Information. Kemudian, pilih All available information, masuk ke menu dan pilih Transfer to Destination, pilih lokasi penyimpanan di menu Destination, lilih Google Drive dan tekan Next.   Informasi yang menghubungkan Instagram dengan akun Google Drive akan muncul. Tekan Connect untuk menyelamatkan arsip Instagram ke Google Drive.   Kenapa pengguna Instagram perlu mengetahui cara mengamankan arsip Instagram? Hal tersebut menjadi sangat krusial untuk memastikan bahwa momen-momen penting Anda tetap tersimpan dengan aman.    Apalagi, seperti sudah diberitakan sebelumnya, lagi gempar di media sosial (medsos) yang menyebut bahwa Instagram akan menghapus fitur arsip mereka. Hal ini mengacu pada laporan sejumlah pengguna Instagram yang mengeluh bahwa arsip mereka sebagian hilang.   Banyak pengguna yang mencurahkan isi hatinya di media sosial karena sedih tidak bisa memutar arsip lama mereka. Ya, Arsip Instagram mendadak hilang bagi para pengguna.   

  Akun X @IndoPopBase mengunggah foto yang mengungkapkan 'this story is no longer available.' Unggahan tersebut tuh banjir komentar netizen.   Jika benar terjadi, tentu hal ini akan berdampak signifikan bagi para pengguna yang mengandalkan fitur tersebut untuk menyimpan kenangan digital mereka.   Meskipun belum ada konfirmasi resmi dari pihak Instagram, seperti sudah disinggung di atas, banyak pengguna telah melaporkan hilangnya beberapa konten dari arsip Story mereka. Hal ini semakin memperkuat kekhawatiran akan kemungkinan penghapusan fitur tersebut di masa depan.    Meski demikian, masalah arsip hilang pernah terjadi pada Juli 2024. Arsip hilang di sejumlah pengguna karena adanyamasalah teknis, sehingga tidak tersedia lagi. 

Editor: Bintang Pradewo

Tag:  #caranya #gampang #cara #backup #semua #archive #instagram #supaya #nggak #hilang

KOMENTAR