Sudah Mulai Musim Hujan, Ini Barang yang Wajib Dibawa Para Bikers Biar Tetap Aman Saat Hujan
Ilustrasi: Cuaca hujan saat berkendara. (Suzuki).
16:20
25 September 2024

Sudah Mulai Musim Hujan, Ini Barang yang Wajib Dibawa Para Bikers Biar Tetap Aman Saat Hujan

- Beberapa hari ini, cuaca di beberapa daerah termasuk Jabotabek sudah mulai diguyur hujan. Bagi yang sering melakukan perjalanan menggunakan motor, tentunya harus memiliki perlengkapan berkendara yang komplit.    Jika tidak, besar kemungkinan perjalanan menjadi terlambat. Misalnya, terpaksa berteduh karena tidak memiliki jas hujan.    Sebaliknya, perjalanan akan tetap lancar karena didukung oleh perlengkapan yang memadai. Namun, dikarenakan kondisi bagasi yang kecil membuat Anda harus bijak dalam memilih piranti yang akan dibawa.   Dilansir dari berbagai sumber, berikut beberapa perlengkapan yang harus disiapkan jelang musim hujan bagi pengendara motor.    Dilansir dari berbagai sumber, berikut beberapa perlengkapan yang harus disiapkan jelang musim hujan bagi pengendara motor.   

  Jas Hujan   Perlengkapan pertama yang wajib harus dibawa oleh pengendara motor saat musim hujan adalah jas hujan. Dengan alat yang satu ini Anda akan terlindung dari basah akibat hujan sekaligus menjaga kenyamanan saat berkendara.    Saat ini ada berbagai macam model yang bisa dipertimbangkan. Seperti, jas hujan ponco, ponco tandem, overcoat, setelan/training, jas hujan rok, mantel, jas hujan gamis, hingga jas hujan yang full motor.    Pemilihan jenis jas hujan sebaiknya disesuaikan dengan kebutuhan. Misalnya, memilih jas hujan training karena badan lebih terlindungi atau memilih jas hujan jenis ponco tandem buat yang sering membawa penumpang.    Selain jenisnya, Anda juga harus mempertimbangkan bahan material jas hujan. Parasut menjadi salah satu bahan jas hujan yang paling banyak dicari pengendara motor karena dianggap lebih nyaman saat dipakai, lebih awet dan tidak mudah sobek.    Perlengkapan Anti Air  

  Selain jas hujan, Anda juga harus menyiapkan beberapa perlengkapan berkendara yang tahan air sebagai perlindungan tambahan, diantaranya adalah sepatu tahan air atau sepatu boots.    Sepatu jenis ini dirancang untuk menjaga kaki tetap kering dan aman terlindungi. Pilihlah sepatu tahan air dengan jahitan tertutup dan dari bahan yang anti air.  Jangan lupa untuk memilih ukuran yang pas agar air hujan tidak merembes dan masuk ke bagian dalam sepatu.    Alternatif lain untuk melindungi kaki dari air hujan adalah dengan menggunakan pelindung kaki (wiper) yang tahan air. Salah satu bahan yang cukup viral adalah pelindung kaki yang terbuat dari karet atau PVC.    Bagi pemilik motor yang melengkapi kendaraanya dengan box motor, bagasi, atau tas pelana, sebaiknya beri perlindungan tambahan berupa pelapis tahan air agar barang bawaan tetap kering.   

  Sedangkan bagi yang tidak dilengkapi dengan bagasi, sebaiknya gunakan tas dengan pelapis tahan air. Sebagai upaya pencegahan, ada baiknya untuk menghindari terlalu banyak membawa barang saat musim hujan.    Apabila memiliki dana berlebih, tidak ada salahnya jika memiliki pakaian anti air yang memang dirancang secara khusus untuk pengendara motor. Seperti halnya rompi, pakaian anti air ini akan memberikan perlindungan ekstra sehingga membuat Anda aman dari terpaan angin dan hujan.    Selain berbagai macam perlengkapan berkendara yang telah disebutkan sebelumnya, masih ada beberapa hal lagi yang harus diperhatikan ketika musim penghujan tiba, diantaranya adalah kondisi fisik prima, kecepatan berkendara, dan aspek keselamatan berkendara lainnya.      

Editor: Bintang Pradewo

Tag:  #sudah #mulai #musim #hujan #barang #yang #wajib #dibawa #para #bikers #biar #tetap #aman #saat #hujan

KOMENTAR