Usai HP Lipat, Samsung Siapkan Ponsel Layar Gulung
Samsung Galaxy Z Fold 6 dan Samsung Galaxy Z Flip 6, HP layar lipat Samsung. (Samsung)
15:48
19 September 2024

Usai HP Lipat, Samsung Siapkan Ponsel Layar Gulung

Samsung sebelumnya pernah menjadi pemimpin pasar HP yang dapat dilipat, namun perusahaan asal Korea Selatan itu kini menghadapi persaingan ketat. Pasalnya, semakin banyak produsen HP Android yang membuat HP layar lipat.

Pada kuartal kedua 2024, Huawei menyalip Samsung dan mengklaim posisi teratas dengan Mate XT lipat tiga yang inovatif. Sementara itu, penjualan Galaxy Z Fold 6 Samsung mengalami penurunan, sehingga sulit bagi perusahaan untuk merebut kembali posisinya.

Meski begitu, Samung bersiap untuk bangkit kembali dengan mengusung teknologi baru. Dilansir dari Gizchina pada Kamis (19/9/2024), Samsung berencana untuk merilis ponsel dengan layar gulung pada 2025.

Laporan dari The Elec menyebutkan bahwa smartphone ini akan menampilkan layar yang dapat mengembang dan mengecil berdasarkan kebutuhan pengguna, mencapai ukuran maksimum 12,4 inci saat dibuka sepenuhnya.

Baca Juga: 7 Rekomendasi HP Murah Memori 128 GB Terbaik September 2024, Harga Rp 1 Jutaan Saja!

Selain itu, ponsel dengan layar yang dapat digulung ini juga bisa menggunakan kamera tersembunyi di bawah layar, mirip dengan yang diterapkan pada model Z Fold sebelumnya.

Konsep layar yang dapat digulung ini bukanlah hal yang sepenuhnya baru. Faktanya, Samsung telah mematenkan teknologi ini pada tiga tahun yang lalu dan rumor tentang pengembangannya telah beredar sejak pertengahan 2023.

Samsung Galaxy Z Fold 6 resmi meluncur ke Indonesia pada Kamis (11/7/2024). [Suara.com/Dicky Prastya]Samsung Galaxy Z Fold 6, HP layar lipat Samsung. [Suara.com/Dicky Prastya]

Wakil Presiden Bidang Tampilan Samsung, Chung Yi, mengisyaratkan layar yang dapat digulung sekitar sebulan yang lalu. Samsung juga memamerkan prototipe di Mobile World Congress pada Februari. Hal ini menandakan bahwa perusahaan tengah bekerja keras untuk inovasi baru.

Jika peluncurannya berjalan sesuai rencana, HP layar gulung tersebut dapat diperkenalkan pada acara Galaxy Unpacked musim panas 2025. Perangkat ini bahkan mungkin akan memulai debutnya bersamaan dengan Galaxy Z Fold 7 dan Galaxy Z Flip 7, yang menandakan era baru bagi Samsung.

Baca Juga: 5 Rekomendasi HP Murah Rp 1 Jutaan RAM 6 GB, Terbaik September 2024

Editor: Budi Arista Romadhoni

Tag:  #usai #lipat #samsung #siapkan #ponsel #layar #gulung

KOMENTAR