Beredar Buku Kenangan Alumni Fakultas Kehutanan UGM, Ada Biodata Jokowi
Presiden Jokowi di Sumbu Kebangsaan, IKN. [Ist]
09:24
19 September 2024

Beredar Buku Kenangan Alumni Fakultas Kehutanan UGM, Ada Biodata Jokowi

Sejumlah publik hingga saat ini masih mempertanyakan ijazah yang dimiliki Presiden Jokowi. Sebelumnya, tak sedikit orang yang ragu jika Joko Widodo benar-benar lulusan S1 Fakultas Kehutahan Universitas Gadjah Mada (UGM).

Namun baru-baru ini, seorang warganet mengunggah buku kenangan alumni Fakultas UGM yang dimiliki ayahnya.

Dibagikan oleh akun X @anggora95, pemilik akun tersebut memperlihatkan jika terdapat biodata Jokowi di dalam buku kenangan tersebut.

Dalam video singkat yang diunggahnya, buku dengan sampul berwarna hijau terang tersebut memiliki keterangan "Album Alumni Fakultas Kehutanan Universitas Gadjah Mada 1957-Febr. 1988".

Baca Juga: Terungkap Alasan Susi Pudjiastuti Selalu Nangis Tiap Komentari Kebijakan Ekspor Pasir: Semoga yang Mulia Paham

Pada bagian bawahnya, tepat di sebelah lambang universitas, terdapat keterangan "Peringatan 25 tahun Fakultas Kehutanan UGM 23 Agustus 1988".

Pemilik akun tersebut kemudian membuka buku kenangan itu dan langsung menyorot pada biodata Joko Widodo.

Menurut informasi yang tertulis dalam album kenangan tersebut, Joko Widodo lahir di Solo pada 21 Juni 1961. Ia memiliki nomor mahasiswa 1681/Kt. dengan nomor alumni 1120.

Joko Widodo terdaftar di UGM pada tahun 1980 dan lulus pada 1985. Informasi lainnya yang tercantum termasuk asal SLTA yaitu SMAN 6 Yogyakarta.

Selain itu, terdapat judul skripsi yang ditulisnya berjudul Studi tentang pola konsumsi kayu lapis pada pemakaian akhir di Kodya Surakarta.

Baca Juga: Tampil Sederhana Temani Keluarga Gibran Rakabuming, OOTD Selvi Ananda Bisa Buat Gaji 80 Guru Honorer

Pemilik akun tersebut mengunggah buku kenangan itu usai melihat akun X lain bernama @DokterTifa yang menyebut jika Presiden Jokowi bukanlah alumni UGM.

"Bukan pembela bapak ini sih tapi pernyataan-pernyataan bodoh kayak gini tuh pembodohan buat masyarakat, apalagi orang bergelar dokter yang ngetweet. Bapak gue seniornya dia dan dia ada di buku tahunan Kehutanan UGM. Kalau nggak suka setidaknya nggak perlu bikin berita hoax sih," cuit pemilik akun @anggora95.

Unggahannya yang telah dibagikan sebanyak 2.000 kali ke sesama pengguna X itu pun menuai beragam komentar.

Namun, sejumlah warganet tetap curiga jika data tersebut tidak benar karena berbeda dari informasi yang telah beredar sebelumnya mengenai riwayat pendidikan Presiden Jokowi.

"Katanya lulusan SMA 6 Surakarta, itu kok SMA 6 Yogyakarta? Yang lulusan SMA 6 Yogyakarta itu Harry Mulyono. Take down aja kak, daripada ketahuan boongnya," komentar @aha****

"Bisa aja kakaknya yang hoax, klaim hoax atau bukan tentang ijazah itu masuk ke ranah akademis kampus, belum dibuktikan dua-duanya, karena banyak kejanggalan. Kedua, jaman dulu jua banyak kasus tembak ijazah, mau dari PTN maupun PTS, jadi mari tunggu kepastiannya aja di pengadilan," tambah @bang******

"Daripada simpang siur begini, mending Pak Jokowi tunjukkan ijazah aslinya di persidangan kan ada tuh kemarin yang menuntut ditunjukkan, tapi kok ditolak yaa? Kalau bener mah hayu aja atuh beres perkara, daripada rakyat cuman beropini, nanti jatuhnya fitnah. Mending tunjukan aja kan beres," timpal @allo

Editor: Muhammad Yunus

Tag:  #beredar #buku #kenangan #alumni #fakultas #kehutanan #biodata #jokowi

KOMENTAR