Sudah Sebulan Dilantik, Menkominfo Budi Arie Baru Ungkap Pembagian Tugas 2 Wakil Menteri
Menkominfo Budi Arie Setiadi saat ditemui di Kawasan BSD, Tangerang Selatan, Selasa (17/9/2024). [Suara.com/Dicky Prastya]
17:24
17 September 2024

Sudah Sebulan Dilantik, Menkominfo Budi Arie Baru Ungkap Pembagian Tugas 2 Wakil Menteri

Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Budi Arie Setiadi akhirnya mengungkapkan pembagian tugas dua Wakil Menteri Kominfo, Nezar Patria dan Angga Raka Prabowo.

Diketahui Angga Raka Prabowo dilantik sebagai Wamenkominfo 2 oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi) pada 19 Agustus 2024 lalu. Sebulan lebih menjabat, Budi Arie kala itu masih belum membeberkan pembagian tugas antara Nezar dan Angga.

Budi Arie menyebut kalau baik Nezar maupun Angga memiliki tugas dan peran masing-masing sebagai Wamenkominfo.

"Oh sudah dibagi kemarin. Pak Angga itu kampanye (larangan) judi online dan legacy presiden publikasi IKP (Informasi dan Komunikasi Publik)," kata Budi Arie saat ditemui di Kawasan BSD, Tangerang Selatan, Selasa (17/9/2024).

Baca Juga: Menkominfo Minta Pengusaha Produk Lokal Manfaatkan Teknologi Digital, Singgung Malaysia-Vietnam

Sementara itu Wamenkominfo Nezar Patria ditugaskan Budi Arie untuk fokus membantu persiapan-persiapan regulasi terkait kecerdasan buatan (artificial intelligence atau AI) hingga Pelindungan Data Pribadi (UU PDP).

Budi Arie mengakui kalau masih ada pekerjaan yang harus diselesaikan jelang pelantikan Presiden dan Wakil Presiden baru, Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka, yang dilakukan pada Oktober 2024 mendatang.

Adapun tugas yang masih belum kelar adalah soal UU PDP. Menurutnya, Kominfo masih menyiapkan lembaga pengawas UU PDP agar regulasi perlindungan data pribadi di Indonesia berjalan baik.

"Pembentukan lembaga pengawas PDP itu sedang kami rapikan," imbuhnya.

Sayang Budi Arie masih belum mengungkap kapan target lembaga itu dibentuk. Ia hanya bilang secepat mungkin bakal dilakukan.

Baca Juga: Fatia Maulidiyanti Kritik Tajam Pembelaan Menkominfo Soal Erina Naik Jet Pribadi: Lihat Kondisi Ibu Hamil di Stasiun!

"Secepatnya, sebelum pemerintah periode ini berakhir," jelas Budi Arie.

Editor: Dicky Prastya

Tag:  #sudah #sebulan #dilantik #menkominfo #budi #arie #baru #ungkap #pembagian #tugas #wakil #menteri

KOMENTAR