Rekomendasi Jas Hujan Anti Rembes, Saat Memilih Ketahui Jenis Bahannya
Ilustrasi jas hujan. (Dipta Wahyu/Jawa Pos)
22:40
16 September 2024

Rekomendasi Jas Hujan Anti Rembes, Saat Memilih Ketahui Jenis Bahannya

–Belakangan cuaca mulai sering diguyur hujan. Terutama di beberapa wilayah seperti Jabotabek dan sekitarnya. Bagi para pengendara motor, pejalan kaki, dan pesepeda perlu mempersiapkan perlengkapan berkendara tambahan, jas hujan.

Dalam memilih keperluan pada musim hujan tak bisa sembarangan. Ada beberapa tips yang perlu dicatat saat memilih jas hujan yang tepat untuk memastikan Anda tetap kering dan nyaman selama beraktivitas.

Berikut tips memilih jas hujan supaya bisa tetap kering dan nyaman saat berkendara dalam kondisi cuaca yang basah.

Kenali Jenis Jas Hujan 

Pertama, tentu Anda perlu memutuskan jenis jas hujan yang paling cocok untuk kebutuhan. Jenis jas hujan biasanya dibedakan berdasar bahannya, seperti karet atau plastik PVC.

Jenis jas hujan yang biasanya dapat Anda temukan di pasaran biasanya jas hujan biasa, ponco, reflektif, dan fashion yang dapat dipilih sesuai kebutuhan. Selain itu terdapat juga jas hujan sepatu yang secara khusus yang dirancang untuk melindungi sepatu dari air. 

Jas hujan sepatu ini dapat sangat berguna bagi Anda yang sering berjalan kaki atau bersepeda saat hujan.

Sesuaikan Kebutuhan 

Pertimbangkan aktivitas apa yang akan Anda lakukan saat memakai jas hujan. Misalnya, jika Anda sering bersepeda, cari jas hujan yang memiliki desain yang memudahkan pergerakan selama mengayuh pedal.

Sementara untuk aktivitas luar ruangan yang intens, pastikan jas hujan yang Anda pilih tidak terlalu tebal dan berpori agar Anda tidak merasa terlalu panas dan lembap selama mengenakannya.

Sesuaikan Ukuran dan Bentuk

Jas hujan harus cocok dengan tubuh agar efektif melindungi dari hujan. Dalam memilih rekomendasi jas hujan yang sesuai, pastikan untuk mengukur tubuh dengan akurat. 

Jas hujan yang terlalu besar dapat membuat Anda kaku dan sulit bergerak. Sementara yang terlalu kecil mungkin tidak dapat memberikan perlindungan secara maksimal.

Pastikan juga untuk memeriksa panjang jas hujan, karena jas yang terlalu pendek mungkin tidak melindungi kaki dan pakaian dengan baik.

Kualitas dan Ketahanan

Kualitas jas hujan sangat penting, terutama jika Anda berencana menggunakannya dalam jangka waktu yang lama. Pastikan untuk memeriksa bahan jas hujan dan jahitan.

Jas hujan yang berkualitas baik biasanya terbuat dari bahan yang tahan lama dan memiliki jahitan yang kuat. 

Penutup yang Kedap Air

Terakhir, pastikan jas hujan yang Anda pilih memiliki sistem penutup yang baik. Resleting atau kancing yang tahan air dapat membantu mencegah air masuk ke dalam jas hujan. 

Selain itu, perhatikan apakah jas hujan memiliki lapisan tambahan di area yang rentan terhadap kebocoran, seperti sambungan resleting, saku, dan kerah.

Editor: Latu Ratri Mubyarsah

Tag:  #rekomendasi #hujan #anti #rembes #saat #memilih #ketahui #jenis #bahannya

KOMENTAR