Toyota New Fortuner varian 4x4 GR-S Sekarang Punya Bekal Mumpuni Libas Medan Off Road
Tenaga New Fortuner varian 4x4 GR-S lebih mumpuni saat digunakan di medan offroad. (Dony)
14:32
16 September 2024

Toyota New Fortuner varian 4x4 GR-S Sekarang Punya Bekal Mumpuni Libas Medan Off Road

- Segmen mobil SUV masih menjadi ceruk yang menjanjikan bagi para Agen Pemegang Merek. Jenama Toyota mengeluarkan New Fortuner 2024 dengan beberapa penyegaran yang membuat nyaman dan aman penggunannya.

Mobil yang bermain di segmen SUV medium ladder frame menyuguhkan beberapa penyegaran baik di eksterior dan interior untuk tampil lebih kekinian bagi pemiliknya.

Hilangkan rasa penasaran JawaPos.com mendapatkan kesempatan merasakan New Fortuner varian 4x4 GR-S di medan offroad. Varian tersebut merupakan varian termahal Fortuner.

Area lapang untuk menjajal New Fortuner varian 4x4 GR-S berlokasi Pagedangan, BSD, Tangerang Selatan yang biasa dipakai berlati para penggemar olahraga motorcross dan mobil 4x4.

Walaupun Toyota melakukan penyegarannya tidak terlalu teknikal, namun ha yang dilakukan bisa menjadi pembuktian kalau Fortuner sebagai mobil SUV bisa menerabas segala medan.

Masih menggunakan mesin yang sama alias model sebelumnya yaitu seri 1GD-FTV 4-silinder segaris 4-katup DOHC VNT intercooler. Mesin ini mampu menggelontorkan tenaga 201 hp dan torsi 500 Nm serta dibekali transmisi otomatis 6 percepatan dengan sport sequential switchmatic.

Di area lintasan yang digunakan menawarkan beragam kontur jalan offroad, sangat pas menjajal torsi mesin diesel Fortuner untuk mendapatkan akselerasi yang pas.

JawaPos.com yang duduk sebagai penumbang di baris pertama didampingi Ahmad Ravi seorang instruktur berpengalaman dalam dunia offroad.

Ahmad Ravi yang mempunyai tubuh tambun masih merasakan kenyamanan di ruang kemudi. (Dony)

Dengan postur tubuh yang tambun, tinggi 168 cm dan berat badan 107 kg masih nyaman duduk dibalik kemudi saat menaklukkan medan yang cukup berat.

"Ruang gerak masih nyaman dan tidak ada masalah bagi saya, meskipun saat mobil melaju melintasi medan yang berat," ujarnya.

Saat melintasi tanjakan yang cukup menantang dan dirasa sulit, torsi terasa kuat di putaran awal saat kaki menginjak pedal gas. Kebutuhan torsi juga mudah didapatkan dan tak butuh waktu lama, membuat SUV ini mampu naik tanpa halangan.

Sebagai informasi Toyota memberi penyegaran khusus dari sisi suspensi untuk varian teratas tersebut. Menggunakan suspensi monotube yang diklaim mampu memberikan kenyamanan dan kestablian berkendara dengan meminimalisir gejala limbung yang biasa dirasakan SUV besar.

Dengan suspensi baru melaju cukup kencang di jalanan tanah yang tidak rata dengan kondisi trek lurus masih nyaman. (Dony)

Hal ini dibuktikan saat melaju cukup kencang di jalanan tanah yang tidak rata dengan kondisi trek lurus. Kami merasakan kenyamanan saat dalam kabin Fortuner terbaru meskipun gejala limbung masih bisa diminimalisir.

Namun sayangnya penyegaran tersebut hanya bisa dirasakan untuk varian paling tinggi saja. Dalam pembuktian untuk sistem penggerak 4x4 Fortuner, pengemudi bisa dengan mudah memilih mode penggerak lewat dial di area bawah konsol tengah.

Terdapat pilihan H2, yang biasa digunakan di jalan raya, H4 dan L4 untuk kondisi ekstrem seperti lintasan off road atau jalanan ekstrem. Pengemudi bisa melakukan perpindahan dalam mode H2 ke H4 saat mobil melaju lirih.

Sementara untuk melakukan perpindahan H4 ke L4 hanya bisa dilakukan saat kondisi mobil berhenti. Toyota memberikan tombol differential lock yang ada di konsol tengah.

Fitur ini dibutuhkan ketika mobil terjebak di kubangan atau salah satu ban tidak menapak. Fitur ini akan mengunci bagian kopel yang menjadi perantara penyaluran tenaga ke roda. Karena tenaga mesin akan disalurkan menyeluruh ke roda yang kehilangan traksi.

Sistem ini kemudian meningkatkan tenaga pada roda sehingga mobil bisa keluar dari kondisi menyulitkan yang dialami. Fitur ini sangat cocok dan berguna bagi para penggemar 4x4. Beberapa merek kompetitor juga menggunakan fitur ini seperti Pajero maupun Triton.

Area pengujian yang ekstrem sekaligus pembuktian tersendiri untuk perubahan di sisi eksterior. Pasalnya Toyota memberikan bentuk bemper depan dan belakang dengan desain baru dimana area bagian bawahnya terlihat lebih tinggi.

Walaupun tidak diterangkan terkait perubahan ground clearence, selama penggunaan area bawah kendaraan jarang terkena rintangan. Approach angle dan departure angle Fortuner dengan mudahnya melahap tanjakan dan turunan sekitar 40 derajat.

Bicara harga untuk varian 4x4 GR-Sport dibanderol Rp761,7 juta on the road Jakarta. Bila dibandingkan dengan harga terdahulu, naik sekitar Rp21 jutaan.

Harga ini bisa dibilang terhitung kompetitif dengan pembaruan yang diberikan. Pada varian teratas telah mendapatkan fitur Toyota Safety Sense, pembaruan hardware head unit, kehadiran rear seat entertainment, serta kenyamanan lainnya. Bagaimana, Anda tertarik?

 

Editor: Dony Lesmana Eko Putra

Tag:  #toyota #fortuner #varian #sekarang #punya #bekal #mumpuni #libas #medan #road

KOMENTAR