Kaca Mobil Buram Saat Keadaan Hujan? Ini 3 Penyebabnya yang Jadi Biang Masalah
Ilustrasi: Kondisi kaca mobil saat hujan mempengaruhi visibilitas dan keamanan berkendara. (AIS Windshield Experts)
11:36
16 September 2024

Kaca Mobil Buram Saat Keadaan Hujan? Ini 3 Penyebabnya yang Jadi Biang Masalah

  Beberapa wilayah di Indonesia seperti Jabotabek sepertinya mulai masuk musim hujan. Hal tersebut ditandai oleh cuaca panas yang bisa tiba-tiba berganti hujan dalam seketika dengan intensitas sedang dan deras dalam beberapa hari terakhir.   Bagi para pengendara mobil, saat cuaca hujan memang tidak begitu terganggu aktivitasnya. Namun bagaimana saat hujan turun, kaca mobil Anda mendadak buram, apa penyebabnya?   Saat musim hujan mulai datang, kejernihan kaca mobil menjadi yang utama dalam hal keamanan berkendara. Anda harus berhati-hati, buramnya kaca depan bukan hanya soal “teknis” yang akan mengganggu pandangan pengemudi, tapi juga mengancam keselamatan berkendara.  

  Sebuah studi di Amerika mengungkap bahwa hujan dan cuaca buruk menaikkan risiko kecelakaan sampai 34 persen. Bahkan saat hujan ringan saja risiko itu bisa mencapai 27 persen. Jadi bayangkan jika dalam situasi seperti itu pandangan kita terbatas akibat kaca mobil buram saat hujan.   Dilansir dari ArmorAll Indonesia, agar kita dijauhkan dari petaka di jalan, Anda harus tahu dulu beberapa penyebab yang akan membuat kaca mobil Anda menjadi buram.  

  Jamur   Penyebab utama kaca mobil buram saat hujan adalah jamur. Tingkat kelembapan udara yang tinggi akibat hujan membuat jamur lebih mudah tumbuh. Awalnya, air yang mengering pada kaca menjadi sebuah noda-noda kecil, tetapi lama kelaman berubah menjadi jamur.    Ketika hujan, jamur pada kaca akan semakin parah. Hal tersebut dapat membuat visibilitas menjadi terbatas dan buram, memang saat musim kemarau dan tak ada hujan, jamur tidak begitu terlihat dan mengganggu visibilitas.  

  Baret Halus   Baret halus pada kaca menjadi salah satu penyebab kaca mobil menjadi buram. Hal tersebut bisa terjadi akibat karet wiper yang tidak berfungsi dengan baik, sehingga rangka besinya menggores permukaan kaca.    Selain itu, baret halus juga bisa terjadi saat mengelap atau menyeka air pada kaca. Oleh sebab itu, ketika mengelap atau menyeka air pada kaca kamu perlu berhati-hati. Usap sepelan dan sehalus mungkin supaya kaca tidak tergores.  

  Adanya Retakan pada Kaca   Retakan pada kaca mobil umumnya diakibatkan oleh hantaman batu atau objek lain, baik tumpul maupun tajam, ketika mobil melaju dalam kecepatan tinggi. Keretakan itulah yang bisa membuat kaca mobil menjadi buram saat hujan.    Air hujan akan dengan mudah merembes masuk ke dalam mobil, sehingga memunculkan embun. Untuk memperbaikinya, tergantung dari tingkat keretakannya. Namun, apabila retaknya sangat parah, kamu harus mengganti kaca secara utuh.

Editor: Banu Adikara

Tag:  #kaca #mobil #buram #saat #keadaan #hujan #penyebabnya #yang #jadi #biang #masalah

KOMENTAR