Harga PS5 Pro Terungkap: Tawarkan Peningkatan GPU, Pre-Order Bulan Ini
Harga PS5 Pro dibanderol 700 dolar AS. (Sony)
17:00
11 September 2024

Harga PS5 Pro Terungkap: Tawarkan Peningkatan GPU, Pre-Order Bulan Ini

Setelah berbagai teaser dan bocoran, Sony akhirnya mengenalkan PlayStation 5 Pro (PS5 Pro) pada Senin (10/09/2024). Harga PS5 Pro dibanderol sebesar 699,99 dolar AS atau Rp 10,8 juta.

Itu lebih mahal dibanding harga PS5 standar di pasar internasional yang hanya 499 dolar AS. Peluncuran resmi sebenarnya masih 7 November 2024 mendatang. Meski begitu, perusahaan sudah membuka pre-order pada 26 September 2024.

Blog resmi Sony bahkan sudah menampilkan wujud perangkat serta sebagian besar fiturnya. Sony membanggakan tiga hal pada konsol versi anyar yaitu peningkatan GPU, Advanced Ray Tracing, dan AI-Driven Upscaling.

Sebagai informasi, PS5 Pro dirancang untuk memenuhi permintaan gamer yang ingin menjalankan game dengan FPS tinggi. "Kami mengembangkan PS5 Pro dengan mempertimbangkan para pemain dan kreator game. Ini karena banyak yang menginginkan konsol yang menjalankan grafis dengan fidelitas lebih tinggi dengan frame rate lebih halus pada 60 FPS," kata Sony melalui laman resmi perusahaan.

Baca Juga: Acer Nitro Blaze 7 Resmi Rilis, Siap Tandingi Steam Deck

GPU pada PS5 Pro mempunyai Compute Units 67 persen lebih banyak daripada konsol PS5 saat ini dan memori 28 persen lebih cepat. Sony mengklaim, kemampuan rendering gameplay PS5 Pro 45 persen lebih cepat dibanding versi standar.

Konsol PS5 Pro. (Sony)Konsol PS5 Pro. (Sony)

Selain GPU lebih baik, para pemain bakal merasakan Ray Tracing tingkat lanjut untuk refleksi dan refraksi cahaya lebih dinamis. PS5 Pro diklaim mempunyai kecepatan Ray Tracing dua atau bahkan tiga kali lebih cepat, dibanding PS5.

Dikutip dari MySmartPrice, PS5 Pro menawarkan teknologi peningkatan skala baru bertenaga AI yang disebut PlayStation Spectral Super Resolution (PSSR).

Ini diklaim menghadirkan "teknologi berbasis pembelajaran mesin untuk memberikan kejernihan gambar super tajam dengan menambahkan sejumlah detail yang luar biasa."

Perbandingan tampilan PS5 vs PS5 Pro. (Sony via MySmartPrice)Perbandingan tampilan PS5 vs PS5 Pro. (Sony via MySmartPrice)

Konsol ini dilengkapi dengan SSD 2TB, kontroler nirkabel DualSense, dan salinan Astro's Playroom yang sudah terpasang di setiap pembelian PS5 Pro.

Baca Juga: Bocoran Harga iPhone 16 yang Dirilis Nanti Malam, Ada yang Makin Mahal?

PS5 Pro hanya diluncurkan sebagai konsol tanpa disc. Jika ingin menggunakan disc fisik, Anda perlu membeli disc drive PS5 secara terpisah. Anda juga harus membeli dudukan vertikal secara terpisah, mirip dengan versi PS5 Slim.

PlayStation 5 Pro hadir dengan desain yang sedikit berbeda dibandingkan dengan PS5 Slim. Konsol ini memiliki skema warna Black dan White yang sama dengan pelat muka yang sudah dikenal. Perbedaan terbesarnya adalah adanya tiga alur, bukan satu alur seperti yang ada pada PS5 Slim.

Editor: Cesar Uji Tawakal

Tag:  #harga #terungkap #tawarkan #peningkatan #order #bulan

KOMENTAR