Mudahkan Pengguna, Pencarian Google Photos Berbasis AI Mulai Tersedia di Banyak Smartphone Android  
Ilustrasi Fitur pencarian foto di Google Photos. (Tech Crunch)
10:28
11 September 2024

Mudahkan Pengguna, Pencarian Google Photos Berbasis AI Mulai Tersedia di Banyak Smartphone Android  

 

– Meskipun sebagian besar ponsel pintar atau smartphone telah dilengkapi dengan aplikasi galeri bawaan, banyak pengguna lebih memilih Google Photos. Itu karena fitur-fiturnya yang canggih.

Beberapa fitur dimaksud antara lain seperti Magic Eraser, dan sekarang Magic Editor, yang memanfaatkan AI untuk menyempurnakan foto. 

Namun, kemajuan Google dalam kecerdasan buatan atau Artificial Intelligence (AI) tidak berhenti di situ. Inovasi terbaru hadir dalam bentuk "Ask Photos," fitur baru yang didukung oleh Gemini AI, yang menjanjikan untuk merevolusi cara kita mencari dan berinteraksi dengan pustaka foto kita.

Google sendiri telah mengintegrasikan AI ke dalam layanannya secara bertahap, tidak terjecuali pada Google Photos. Selama konferensi Google I/O 2024, perusahaan itu memperkenalkan "Ask Photos", sebuah fitur yang mendefinisikan ulang cara pengguna berinteraksi dengan foto dan video mereka. 

Didukung oleh Gemini AI, alat pencarian baru ini memungkinkan pengguna menemukan gambar atau video menggunakan kueri bahasa alami.

Alih-alih menelusuri gambar mini yang tak terhitung jumlahnya secara manual, kini Anda dapat mengajukan pertanyaan terkait foto tersebut dan latar pengambilannya, dan Google Photos akan langsung menemukan gambar yang relevan.

Peningkatan AI ini secara signifikan meningkatkan kemampuan pencarian Google Photos yang sudah canggih. Sebelumnya, pengguna dapat mencari berdasarkan objek atau kategori. Tetapi "Ask Photos" memiliki fitur yang lebih canggih.

AI menganalisis konteks pustaka foto anda, mengidentifikasi orang-orang penting, hobi, dan bahkan makanan favorit anda. Ini berarti anda dapat mencari kenangan menggunakan frasa deskriptif alih-alih kata kunci. Sehingga jauh lebih mudah untuk menemukan momen-momen tertentu dalam hidup anda.

Namun, Google tidak berhenti pada fungsi pencarian yang lebih cerdas. “Ask Photos” juga memperkenalkan kemampuan untuk menghasilkan konten yang dipersonalisasi dari galeri Anda.

Misalnya, Anda dapat meminta aplikasi untuk menyusun cuplikan sorotan “aktivitas terbaik dari perjalanan terakhir saya”. Maka aplikasi akan menyusun ringkasan visual menggunakan gambar dari galeri Anda. 

Fitur ini merupakan terobosan bagi pengguna yang menginginkan ringkasan pengalaman mereka yang cepat dan disesuaikan. Seperti halnya semua fitur AI, privasi menjadi perhatian utama. 

Google mengklaim bahwa "Ask Photos" tidak digunakan untuk iklan, dan data Anda dilindungi oleh langkah-langkah keamanan tingkat atas.

Meskipun beberapa pertanyaan mungkin ditinjau oleh moderator manusia untuk perbaikan, pertanyaan tersebut dianonimkan dan dikeluarkan dari akun Google Anda untuk memastikan privasi. 

Selain itu, ulasan hanya dilakukan jika umpan balik diberikan atau dalam kasus penyalahgunaan yang jarang terjadi. Saat ini, fitur "Ask Photos" sedang diluncurkan untuk pengguna Google Labs di AS. 

Jika anda ingin mencoba pencarian baru yang didukung AI ini, anda dapat bergabung dalam daftar tunggu. Untuk saat ini, fitur ini terbatas untuk pengguna AS, tetapi Google berencana untuk memperluas ketersediaannya ke lebih banyak wilayah dalam waktu dekat.

Editor: Bayu Putra

Tag:  #mudahkan #pengguna #pencarian #google #photos #berbasis #mulai #tersedia #banyak #smartphone #android

KOMENTAR