Mengenal Mode Game pada iPhone 16 Series, Dukung Ray Tracing
iPhone 16 Pro dan iPhone 16 Pro Max. [Apple]
08:40
11 September 2024

Mengenal Mode Game pada iPhone 16 Series, Dukung Ray Tracing

Apple resmi memasarkan iPhone 16 series pada September 2024. Raksasa teknologi yang berbasis di Cupertino, AS tersebut menyematkan Mode Game pada iPhone 16.

Berdasarkan klaim Apple, iPhone 16 dapat menjalankan game AAA atau game berat dengan lancar. Soal jeroan, iPhone 16 mengandalkan chipset Apple A18 (3 nm) dengan RAM 8 GB.

Dapur pacu tersebut dipasangkan bersama Apple GPU 5-core. Versi iPhone 16 Pro mempunyai A18 Pro dengan RAM 8 GB. Core GPU pada model Pro lebih banyak dibanding iPhone 16 standar.

Semua model pada iPhone 16 series mendukung teknologi Ray Tracing serta menawarkan framerate berkelanjutan yang diklaim lebih baik. Sebagai pengingat, dukungan Ray Tracing sebelumnya tersedia pada chip Apple A17 Pro.

Baca Juga: Fitur Baru, Inilah Kehebatan Apple Intelligence di iPhone 16 Series

"Ray Tracing menjadi 2x lebih cepat untuk sumber cahaya dan pantulan yang lebih realistis. Mode Game di iOS 18 membuka frame rate yang lebih konsisten sekaligus membuat AirPods, pengontrol game, dan aksesori nirkabel lainnya sangat responsif," tulis Apple saat menjelaskan kemampuan iPhone 16 Pro series melalui laman resmi perusahaan.

iPhone 16 series mendukung game AAA. (Apple)iPhone 16 series mendukung game AAA. (Apple)

Menurut Apple, dapur pacu terbaru menawarkan performa 30 persen lebih kencang dibanding  A16 dan lebih cepat dari semua pesaingnya. Chip ini juga lebih hemat daya dan dapat menjalankan beban kerja yang sama dengan daya 30 persen lebih sedikit dibandingkan A16 Bionic.

GPU 5-core hingga 40 persen lebih cepat dan 35 persen lebih efisien dibandingkan A16 Bionic, menghadirkan perangkat game yang bertenaga di tangan pengguna.

"Kini dengan Ray Tracing yang didukung perangkat keras, game di iPhone 16 dan iPhone 16 Plus lebih akurat merepresentasikan perilaku cahaya dengan kecepatan frame hingga 5x lebih tinggi dibandingkan dengan ray tracing berbasis perangkat lunak," ungkap perwakilan Apple.

Baik iPhone 16 dan iPhone 16 Plus kini mendukung game AAA yang sebelumnya hanya tersedia di iPhone 15 Pro. Judul game seperti Honor of Kings: World diklaim bisa dimainkan dengan mode Ultra pada perangkat. Apple turut mengklaim, iPhone 16 series dapat memainkan sebagian besar game berat dengan FPS tinggi.

Baca Juga: 4 Rekomendasi HP Murah Mirip iPhone Boba Terbaik September 2024, Pilihan Tepat untuk yang Berbudget Terbatas!

Editor: Cesar Uji Tawakal

Tag:  #mengenal #mode #game #pada #iphone #series #dukung #tracing

KOMENTAR