iPhone 16 vs iPhone 15: Mana yang Layak Dibeli? Perbandingan Lengkap Fitur Terbaru
Kolase iPhone 16 dan iPhone 15. [Apple]
08:32
10 September 2024

iPhone 16 vs iPhone 15: Mana yang Layak Dibeli? Perbandingan Lengkap Fitur Terbaru

Apple baru saja mengumumkan seri iPhone 16 terbaru yang hadir dengan beberapa pembaruan penting. Keberadaan iPhone 16 ini membuat banyak pengguna ponsel yang mencari perbandingan antara iPhone generasi terbaru dengan iPhone 15 sebelumnya.

Jika pengguna berencana untuk meningkatkan iPhone ke versi terbaru, berikut ini beberapa perbandingan utama antara iPhone 16 vs iPhone 15 yang perlu diketahui:

1. Layar

Jika pengguna lebih nyaman menggunakan ukuran layar OLED Super Retina XDR 6,1 inci di iPhone 15, maka pengguna juga akan senang saat mengetahui iPhone 16 menggunakan ukuran yang sama persis.

Baca Juga: Link Live Streaming Apple Event, Menanti Perilisan iPhone 16 dan Smartwatch Anyar

Sayangnya, layarnya hanya mendukung kecepatan refresh 60Hz. Masih kalah jauh jika dibandingkan dengan ponsel pesaing yang kini sudah menggunakan layar 120Hz.

Selain itu, pengguna juga akan melihat Dynamic Island dan kecerahan puncak 2.000 nits yang sama seperti model generasi terakhir.

2. Desain

Apple telah melakukan sedikit perubahan desain pada iPhone 15, dengan menghadirkan Dynamic Island pada model iPhone reguler. Namun, pengguna juga melihat tepi yang lebih membulat dan kaca aluminium berwarna yang dipadukan dengan warna aerospace. Kali ini, iPhone 16 tetap menggunakan motif tersebut, tetapi menghadirkan fitur lain seperti tombol.

Alih-alih tombol Ring atau Silent seperti biasanya, Apple memutuskan untuk menggantinya dengan tombol Action.

Baca Juga: AirPods Max Gen 2: Siap Gantikan AirPods Pro Sebagai Raja Noise Cancelling?

Yang menarik, Apple memperkenalkan tombol praktis lain yang dapat digunakan, yaitu tombol Camera Control. Ditempatkan tepat di bawah tombol Power, tombol ini difokuskan untuk membantu mengakses fitur kamera pada iPhone 16.

Tombol tersebut tidak hanya dapat mengaktifkan rana sehingga pengguna dapat mengambil gambar, tetapi juga dapat memperbesar dan memperkecil foto atau video dengan gerakan menggeser dan memungkinkan pengguna untuk fokus pada subjek. Ini akan berguna bagi pengguna yang gemar memotret.

Selain itu, kamera belakang kini disusun secara vertikal pada iPhone 16, bukan diagonal seperti pada iPhone 15. Desain ini mirip seperti iPhone 12.

Mengenai warna, iPhone 16 hadir dalam beberapa warna seperti Ultramarine, Teal, Pink, White, dan Black. Beberapa pilihan warna lebih banyak dari iPhone 15, yang meliputi Black, Blue, Green, Yellow, dan Pink.

iPhone 16. [Apple]iPhone 16. [Apple]

3. Kinerja

Berbeda dengan iPhone 15, ponsel Apple generasi baru ini mendapatkan chip A18 Bionic miliknya sendiri.

Tak diragukan lagi bahwa ini merupakan peningkatan dari prosesor A16 iPhone 15, yang sudah menjadi salah satu chip tercepat di pasaran. Dengan A18, ini akan berguna dengan Apple Intelligence yang sekarang sedang digunakan.

Chipset tersebut memiliki CPU 6-core yang 30 persen lebih cepat dari iPhone 15 dan menggunakan daya 30 persen lebih sedikit. Ada juga GPU 5-core untuk efisiensi 40 persen lebih cepat.

Untuk mendukung AI Apple, iPhone 16 juga mendukung lebih banyak core di Neural Engine miliknya, di mana iPhone 15 menggunakan Neural Engine 16-core.

4. Daya tahan baterai

Pengguna Apple akan senang karena mendapatkan peningkatan signifikan dalam daya tahan baterai pada iPhone 16, mengingat baterainya memiliki kapasitas yang lebih besar dan kecepatan pengisian daya yang lebih cepat dibandingkan dengan iPhone 15.

iPhone 15 dinilai mampu bertahan selama 20 jam atau sekitar satu hari penuh untuk penggunaan.

Dengan iPhone 16, angka tersebut akan meningkat. Baterainya dilengkapi dengan daya yang lebih besar dan peningkatan ini akan menghasilkan daya tahan sekitar 22 jam.

Kecepatannya juga hampir dua kali lipat, karena ponsel generasi terakhir memiliki pengisian daya kabel 27W dan nirkabel 15W.

5. Kamera

Kamera belakang iPhone 16 memiliki kamera utama 48MP (gabungan dengan 12MP 2x Telephoto) dan 12MP ultra-wide, sedangkan kamera depannya menggunakan 12MP TrueDepth.

Di sisi lain, kamera belakang iPhone 15 menggunakan 48MP dengan kamera ultra-wide 12MP. Sementara kamera depannya TrueDepth 12MP.

Model iPhone 15 telah menerima peningkatan kamera yang layak, yang mencakup kamera 48MP dengan aperture ƒ/1.6.

Kemudian, iPhone 16 mengikuti tren ini, tetapi kali ini hadir dengan kamera ultra-wide 12MP dengan bukaan ƒ/2.2 dan fokus otomatis untuk fotografi cahaya rendah yang lebih baik.

Ini akan memanfaatkan lensa ultra-wide dengan baik, karena lensa ultra-wide ƒ/2.4 pada iPhone 15 sering kali mengaburkan gambar, terutama dalam kondisi cahaya rendah.

Tak hanya itu, pengguna juga dapat mengharapkan dukungan fotografi makro, yang memberikan jepretan jarak dekat lebih detail daripada iPhone generasi terakhir.

iPhone 16 dan iPhone 16 Plus. [Apple]iPhone 16 dan iPhone 16 Plus. [Apple]

6. Perangkat lunak dan AI

Bisa dibilang perbedaan terbesar antara iPhone 16 dan iPhone 15 adalah kemampuannya untuk memanfaatkan Apple Intelligence, AI generatif yang berfokus pada keamanan milik raksasa teknologi tersebut.

Sayangnya, fitur ini hanya tersedia untuk iPhone 15 Pro dan Pro Max dan yang lebih baru dengan pembaruan iOS 18.

Seperti yang dipamerkan di WWDC 2024, iPhone 16 hadir dengan beberapa fitur yang disempurnakan oleh AI. Fitur ini mencakup pemberitahuan yang diprioritaskan, yang dapat menempatkan pemberitahuan terpenting di bagian atas umpan iPhone.

iPhone 16 juga dapat menulis ulang, meringkas, dan mengoreksi blok teks yang dipilih dengan cepat, yang akan sangat berguna saat menulis email atau teks.

iPhone 16 akan menawarkan banyak hal dalam peningkatan ini, yang membuat iPhone 15 kesulitan untuk mengimbanginya.

7. Harga

iPhone 16 dibanderol dengan harga mulai dari 799 USD atau setara Rp 12,3 jutaan. Namun, kemungkinan besar harga ini akan berubah ketika tiba di pasar Indonesia.

Di sisi lain, iPhone 15 dibanderol dengan harga mulai dari Rp 14 juta.

Editor: Denada S Putri

Tag:  #iphone #iphone #mana #yang #layak #dibeli #perbandingan #lengkap #fitur #terbaru

KOMENTAR