Toyota Sienta Dipakai Paus Fransiskus Saat di Timor Leste, Warnanya Bukan Putih, tapi Abu-abu
Ilustrasi mobil Toyota Sienta yang sama yang digunakan Paus Fransiskus di Timor Leste (OLX).
22:28
9 September 2024

Toyota Sienta Dipakai Paus Fransiskus Saat di Timor Leste, Warnanya Bukan Putih, tapi Abu-abu

- Setelah mengakhiri kunjungan empat harinya di Papua Nugini, Paus Fransiskus pada hari Senin (9/9) melakukan perjalanan ke Timor-Leste, satu-satunya negara dalam rencana kunjungannya di mana umat Katolik merupakan mayoritas.    Pesawat kepausan, yang disewa oleh Air Niugini, mendarat di Dili, di Bandara Internasional Presidente Nicolau Lobato di Ibu Kota Timor Leste kota pada pukul 2:20 siang waktu setempat setelah penerbangan tiga setengah jam dari Port Moresby.   Yang menarik dari kunjungan Paus Fransiskus ke Timor Leste adalah mobil yang kembali digunakan jauh dari kata mewah. Kali ini, mobil yang dipakai Paus Fransiskus adalah Toyota Sienta berwarna abu-abu.  

  Sebelumnya, mobil yang dipakai Paus Fransiskus di Indonesia dan Papua Nugini adalah mobil berwarna putih. Keduanya merupakan Toyota Innova Zenix dan Toyota Raize.   Sebelum menggunakan mobil Toyota Sienta, dilansir dari Vatican News, Presiden Timor Leste José Manuel Ramos-Horta dan Perdana Menteri Xanana Gusmao, beserta delegasi dan 14 orang berpakaian adat yang mewakili 14 kotamadya di negara itu, telah menunggu di landasan untuk menjemput Paus Fransiskus.  

  Paus Fransiskus kemudian meninggalkan bandara dengan Pope Mobile dan mengantarnya ke Nunsiatur Apostolik di Dili, di mana ia beristirahat sejenak sebelum menuju Istana Kepresidenan untuk upacara penyambutan resmi dan pidato resmi pertamanya kepada otoritas Timor-Leste.   Saat ia melakukan perjalanan ke Nunsiatur, kerumunan orang di sepanjang jalan menyemangatinya dan melambaikan bendera putih dan kuning Vatikan.   Sebagai informasi, Paus Fransiskus adalah Paus kedua yang mengunjungi Timor-Leste, setelah St. Yohanes Paulus II, yang berkunjung ke sana pada 12 Oktober 1989 selama pendudukan Indonesia, dan yang pertama sejak negara semi-kepulauan Asia ini memperoleh kemerdekaan dari Indonesia pada tahun 2002.

Editor: Bintang Pradewo

Tag:  #toyota #sienta #dipakai #paus #fransiskus #saat #timor #leste #warnanya #bukan #putih #tapi

KOMENTAR