Notifikasi Android 16 Akan Mirip Xiaomi HyperOS
Ilustrasi Xiaomi HyperOS. [Unsplash/Andrey Matveev]
11:56
9 September 2024

Notifikasi Android 16 Akan Mirip Xiaomi HyperOS

Android 15 baru saja dirilis dalam bentuk open source. Sementara itu, bocoran mengenai Android 16 mulai berdatangan, dengan versi beta resmi diharapkan akan diluncurkan pada Februari 2025.

Dilansir dari Gizchina pada Senin (9/9/2024), salah satu perubahan utama yang mungkin dibawa Android 16 adalah pemisahan notifikasi dari pengaturan cepat yang mirip dengan Xiaomi HyperOS.

Meskipun konsep ini telah diterapkan di beberapa skin dan ROM kustom Android selama bertahun-tahun, konsep ini belum menjadi bagian dari Android asli untuk beberapa waktu.

Saat ini, panel notifikasi di sebagian besar perangkat Android menyertakan notifikasi dan beberapa setelan cepat. Saat pengguna menggeser ke bawah dari atas layar, panel notifikasi muncul di samping setelan cepat.

Baca Juga: Strategi Pembaruan HyperOS 2.0, Pengguna Xiaomi Wajib Tahu

Geseran kedua menampilkan menu setelan cepat lengkap, sementara menggeser kembali ke atas akan menutup notifikasi dan panel setelan.

Namun, beberapa sistem berbasis Android, seperti yang menggunakan tampilan khusus atau ROM tertentu, memilih untuk memisahkan kedua fungsi ini.

Ilustrasi logo Android. [Unsplash/Denny Müller]Ilustrasi logo Android. [Unsplash/Denny Müller]

Perubahan ini memungkinkan notifikasi dan setelan cepat beroperasi secara independen dan memberikan pengguna lebih banyak kontrol atas cara pengguna berinteraksi dengan antarmuka perangkat.

Tampaknya Google kini sedang menguji pemisahan ini, meskipun tidak jelas apakah fitur ini akan menjadi opsional atau setelan default di Android 16.

Tetapi, panel notifikasi Android yang baru mungkin sedikit tidak praktis. Meskipun memisahkan notifikasi dari pengaturan cepat memungkinkan masing-masing memiliki ruang khusus, mengakses pengaturan cepat mungkin memerlukan langkah-langkah tambahan.

Baca Juga: HyperOS 2.0 akan Boyong Fitur Baru, Disebut Enhanced Protection

Sebagai contoh, pengguna mungkin perlu menggeser dengan dua jari atau menggeser ke bawah secara normal lalu menggeser ke samping untuk beralih ke pengaturan cepat.

Namun mengingat fitur ini masih dalam tahap awal, tampilan akhir masih belum jelas. Untuk saat ini, belum ada indikasi adanya perubahan tersebut. Sama seperti Android versi beta lainnya, masih ada beberapa bulan penyempurnaan sebelum perubahan ini menjadi resmi.

Editor: Muhammad Yunus

Tag:  #notifikasi #android #akan #mirip #xiaomi #hyperos

KOMENTAR