Bermasalah dengan Hak Paten, Pemantau Oksigen Darah di Apple Watch Menghilang?
Ilustrasi Apple Watch. [Unsplash/Daniel Romero]
09:16
21 Januari 2024

Bermasalah dengan Hak Paten, Pemantau Oksigen Darah di Apple Watch Menghilang?

Konflik antara Masimo dan Apple kian memanas. Terbaru, Apple secara resmi menghilangkan fitur pemantau oksigen darah dari perangkat Apple Watch miliknya sebagai buntut dari konflik ini.

Sebelumnya, di Desember 2023 lalu, Masimo menggugat Apple karena telah mencuri teknologi oksimetri nadi dari perusahaan teknologi medis ini.

Masimo menyebut bahwa Apple sengaja membawa karyawannya untuk bekerja di perusahaan tersebut guna mencuri ide teknologi oksimetri dan menyematkannya di Apple Watch.

Gugatan panjang ini bahkan telah masuk ke ranah hukum. Apple mengalami kekalahan sehingga membuat perusahaan tersebut harus menghilangkan fitur pemantau oksigen darah dari Apple Watch.

Apple secara resmi mengaku akan merilis Apple Watch tanpa fitur pemantau oksigen darah karena bermasalah dengan hak paten teknologi tersebut. Beberapa seri Apple Watch menjadi yang paling terdampak dari kasus panjang ini.

Lebih lanjut, Apple memastikan dua perangkat barunya yaitu Apple Watch seri 9 dan Apple Watch Ultra 2 yang akan rilis nantinya tidak akan membawa teknologi pemantau oksigen darah.

Keputusan Apple ini jelas saja mengejutkan banyak pengguna setia Apple Watch. Namun, beberapa prediksi menyebut bahwa hilangnya fitur pemantau oksigen darah di Apple Watch ini tidak memberikan pengaruh pada nilai jual perangkat tersebut.

Editor: Amelia Prisilia

Tag:  #bermasalah #dengan #paten #pemantau #oksigen #darah #apple #watch #menghilang

KOMENTAR