Ini Hal yang Harus Diketahui Sebelum Membeli HP Flip atau Lipat
HP Flip atau Lipat.
17:32
21 Agustus 2024

Ini Hal yang Harus Diketahui Sebelum Membeli HP Flip atau Lipat

Tidak bisa dipungkiri, semenjak ada layanan kredit HP tanpa uang muka, kini banyak sekali masyarakat yang bisa membawa pulang HP idamannya dengan mudah, bahkan bunganya cukup ringan dan bersaing dengan kartu kredit.

Apalagi jika Anda menggunakan fitur kredit HP tanpa uang muka dari Kredivo, maka Anda bisa menikmati layanan bunga ringan, mulai dari 0% per bulan, khusus member Premium Kredivo dan tenor hingga 24 bulan.

Namun, dengan kemudahan yang diberikan, jangan asal membeli HP, apalagi kini tren HP lipat sedang naik daun dan banyak menarik perhatian banyak perusahaan smartphone, meski sedang berada di tengah gempuran HP flagship dari iPhone dan Samsung.

Anda berminat untuk membeli HP flip atau lipat? Sebaiknya simak 5 hal berikut sebelum membelinya.

Baca Juga: Jadi Bintang di Euro 2024, Lamine Yamal Ternyata Sering Gunakkan Aplikasi dan Perangkat Gadget ini

1. Fleksibilitas yang Tinggi
Dengan mengusung desain flip atau lipat, sudah jelas HP ini memiliki fleksibilitas yang tinggi dibandingkan dengan HP lainnya. Sebab, ketika HP ini dilipat, ukurannya yang menjadi lebih kecil dan compact, sehingga mudah dikantongi, atau dibawa kemana-mana, tetapi menjadi lebih lebar saat dibuka.

Tidak hanya itu, kemampuan ponsel ini juga sangat bagus untuk multitasking. Contohnya, Samsung Galaxy Z Fold yang memiliki fitur Multi Window, yang dapat membuka tiga aplikasi sekaligus. Ditambah dengan fitur swipe gesture, pengguna pun bisa beralih dari tampilan full screen ke pop-up window maupun split screen dalam sekejap.

2. Performa Patut Diacungi Jempol
Dikarena HP lipat didesain untuk melakukan beberapa aktivitas dalam satu layar, maka tidak ayal kalau chipset yang dibenamkan pada HP ini berteknologi tinggi.

Contohnya Samsung Galaxy Z Fold 6, yang sudah ditenagai chipset paling kencang saat ini,  yang juga digunakan oleh Samsung Galaxy S24 series yaitu Snapdragon 8 Gen 3 for Galaxy dengan fabrikasi 4nm, dengan kapasitas RAM 12GB dan memori mulai dari 256GB hingga 1TB.

Selain itu, Samsung Galaxy Fold 6 digadang-gadang akan mendapatkan update Android OS selama 7 tahun ke depan. Sehingga Anda tidak perlu lagi khawatir HP ini tidak berfungsi dengan baik selama 7 tahun ke depan.

Baca Juga: Mulai Sejutaan, Ini Empat Rekomendasi HP Buat Pelajar dan Mahasiswa

3. Banyak Pengaruh Influencer
Namun, dibalik segala kelebihan dan performa pada HP lipat yang sedang naik daun saat ini, dikarenakan banyaknya influencer atau seleb media sosial yang mempromosikan penggunaan HP lipat ini.

Oleh karenanya, pastikan Anda benar-benar tertarik dan berpikir panjang untuk membeli HP lipat ini, jangan karena FOMO (Fear Of Missing Out) dan ikut-ikutan seleb media sosial, jadinya ingin membeli HP ini. 

4. Kurangnya Daya Tahan
Dikarenakan HP ini akan sering sekali Anda lipat dan direntangkan, maka banyak yang menduga kalau perangkat ini bakalan ringkih, sehingga daya tahan yang diberikan relatif rendah.

Meski Samsung sudah mengklaim kalau durabilitas Galaxy Z Flip bisa mencapai 5 tahun, hingga uji coba buka tutup layarnya sampai 200 ribu kali, tetap saja daya tahan dari desain bodi secara keseluruhan patut dipertanyakan.

Sebab, bagaimanapun juga, belum ada bukti kuat smartphone ini bisa bertahan cukup lama.

5. Harga Relatif Mahal
Tidak bisa dipungkiri kalau harga HP lipat tergolong mahal, Samsung sendiri membandrol harga Rp17 jutaan untuk Samsung Galaxy Z Flip 6, bahkan Huawei saja mematok harga mulai dari Rp40 jutaan untuk HP lipat Huawei Mate X5.

Akhir kata, konsep HP lipat memang benar-benar menarik dan membuat pengalaman memakai smartphone jadi lebih menyenangkan. Spesifikasi yang disematkan juga tidak asal-asalan dan berteknologi tinggi.

Namun, dengan harga yang dipatok cukup tinggi, dan belum ada bukti ketahan pada HP ini, apakah Anda masih berminat untuk membelinya? Apalagi jika Anda berencana untuk membelinya menggunakan kredit HP tanpa uang muka, lebih baik pikir lebih panjang lagi, ya!

Editor: Fabiola Febrinastri

Tag:  #yang #harus #diketahui #sebelum #membeli #flip #atau #lipat

KOMENTAR