Sharing Ilmu dan Koneksi: GoFood Hadirkan Program Pojok Belajar untuk UMKM Kuliner
GoFood Hadirkan Program Pojok Belajar untuk UMKM Kuliner. (Dok. Gojek)
14:56
21 Agustus 2024

Sharing Ilmu dan Koneksi: GoFood Hadirkan Program Pojok Belajar untuk UMKM Kuliner

GoFood, layanan pesan-antar makanan online dari Gojek, memperkuat komitmennya untuk mendukung pertumbuhan UMKM kuliner di Indonesia.

Salah satu inisiatif terbarunya adalah program "Pojok Belajar" yang dikelola oleh Komunitas Partner GoFood (KOMPAG). Program ini bertujuan untuk membantu UMKM naik kelas.

Felicia Natalie Wijaya, Head of Merchant Marketing Gojek, menjelaskan bahwa KOMPAG telah berkembang pesat selama lima tahun terakhir.

Jumlah anggota KOMPAG meningkat hampir 4,5 kali lipat menjadi 212.000 anggota aktif di 80 kota di Indonesia.

Baca Juga: Playhera Indonesia Rilis dengan Acara yang Spektakuler: Adakan 2.500 Turnamen dan Diikuti oleh 800.000 Gamer Nasional

Ini menunjukkan minat tinggi dari pelaku UMKM digital untuk memperluas pengetahuan dan membangun relasi melalui keikutsertaan dalam komunitas.

Namun, hasil studi dari Institute for Development of Economics and Finance (INDEF) pada tahun 2024 menunjukkan bahwa kurangnya keterampilan dalam menggunakan platform digital masih menjadi tantangan bagi 83,46% pelaku usaha.

"Ini menunjukkan adanya minat yang tinggi di antara para pelaku UMKM digital untuk mencari ilmu serta relasi melalui keikutsertaan dalam komunitas,” ucapnya.

Oleh karena itu, GoFood telah memahami kebutuhan ini sejak 2019 dan mendirikan KOMPAG sebagai sarana edukasi dan networking bagi para Mitra Usaha GoFood.

KOMPAG secara rutin memberikan edukasi melalui Facebook Page dan podcast NGOPI, yang telah ditonton lebih dari 380.000 kali selama tujuh bulan terakhir.

Baca Juga: Intip Perjuangan Para Pahlawan dalam Drama Kemerdekaan di Munasprok

GoFood Hadirkan Program Pojok Belajar untuk UMKM Kuliner. (Dok. Gojek)GoFood Hadirkan Program Pojok Belajar untuk UMKM Kuliner. (Dok. Gojek)

Program andalan KOMPAG di tahun 2024 meliputi:

  1. Webinar NGOPI: Kegiatan berbagi ilmu secara online antar Mitra Usaha GoFood. Para pelaku UMKM saling berbagi strategi dan pengalaman mengenai pengembangan bisnis kuliner. Webinar ini diadakan dua kali sebulan.
  2. KOMPAG Kopdar: Pertemuan tatap muka antara ratusan Mitra Usaha GoFood dan manajemen GoFood. Selain berbagi ilmu, KOMPAG Kopdar juga berfungsi sebagai sarana networking yang efektif.
  3. Pojok Belajar: Sesi berbagi ilmu dan pengalaman secara langsung antar Mitra Usaha GoFood. Program ini telah aktif di enam kota sejak awal tahun 2024, termasuk Jakarta, Bogor, Tangerang, Bandung, Solo, dan Denpasar. Narasumber dalam Pojok Belajar, seperti Ihdal (pemilik UMKM Ayam Bakar & Soto Betawi Ibu Titin), berbagi pengetahuan dan pengalaman untuk membantu pemilik UMKM lainnya.

Dampak dari kegiatan KOMPAG dan GoFood secara keseluruhan juga terlihat dari hasil riset terbaru LPEM FEB UI di 2024, yang menunjukkan kontribusi signifikan terhadap PDB Indonesia sebesar Rp 19,68 triliun atau 3,7%.

Editor: Cesar Uji Tawakal

Tag:  #sharing #ilmu #koneksi #gofood #hadirkan #program #pojok #belajar #untuk #umkm #kuliner

KOMENTAR