Rahasia Baterai Xiaomi Awet: Aturan 20/80 yang Jarang Diketahui
Ilustrasi mengisi daya baterai HP. [Unsplash/Onur Binay]
13:08
21 Agustus 2024

Rahasia Baterai Xiaomi Awet: Aturan 20/80 yang Jarang Diketahui

Saat pengguna membeli HP Xiaomi baru, pengguna ingin ponsel tersebut dapat bertahan beberapa tahun. Untuk mencapai hal ini, pengguna harus menerapkan aturan untuk memperpanjang masa pakainya.

Salah satu elemen yang paling terdegradasi pada smartphone mana pun, baik itu Xiaomi, Redmi, atau POCO, adalah baterainya.

Seiring waktu, baterai akan kehilangan kapasitas totalnya. Namun untungnya, pengguna bisa mengikuti aturan 20/80 untuk memperpanjang umur ponsel.

Dilansir dari Gearrice pada Rabu (21/8/2024), baterai lithium-ion dan polimer tidak memiliki "memori". Secara umum, jika pengguna mengisi daya ponsel di atas 80 persen atau membiarkan kapasitasnya turun di bawah 20 persen, itu akan mempercepat degradasi baterai.

Baca Juga: 3 Rekomendasi HP Murah OPPO Terbaik Agustus 2024, Harga mulai Rp 1 Jutaan

Ilustrasi HP Xiaomi. [Unsplash/He Junhui]Ilustrasi HP Xiaomi. [Unsplash/He Junhui]

Oleh karena itu, menurut berbagai penelitian, jika pengguna sering mengisi daya Xiaomi, Redmi, atau POCO hingga 80 persen dan tidak membiarkannya turun di bawah 20 persen, pengguna akan memperpanjang masa pakainya.

Menariknya, HyperOS memiliki pengaturan yang agak tersembunyi yang memungkinkan pengguna mencegah baterai terus-menerus mengisi daya di atas 80 persen dan pengguna dapat mengaktifkannya secara manual.

Editor: Denada S Putri

Tag:  #rahasia #baterai #xiaomi #awet #aturan #2080 #yang #jarang #diketahui

KOMENTAR