Snapdragon 7s Gen 3 Resmi Rilis, Jadi Chipset Redmi Note 14 Pro 5G?
Snapdragon 7s Gen 3. (Qualcomm)
10:32
21 Agustus 2024

Snapdragon 7s Gen 3 Resmi Rilis, Jadi Chipset Redmi Note 14 Pro 5G?

Qualcomm akhirnya meluncurkan Snapdragon 7s Gen 3 dengan fitur unggulan berupa AI atau kecerdasan buatan. Berdasarkan bocoran di Weibo, Snapdragon 7s Gen 3 diprediksi menjadi chipset Redmi Note 14 Pro 5G.

Sebagai informasi, Qualcomm resmi mengenalkan Snapdragon 7s Gen 3 pada 20 Agustus 2024. Perusahaan mengonfirmasi bahwa chipset ini akan digunakan oleh beberapa produsen smartphone seperti Realme, Samsung, Sharp, dan Xiaomi.

Ponsel dengan Snapdragon 7s Gen 3 diharapkan debut ke pasar komersial dalam beberapa bulan ke depan. Sayang, rilis resmi tak menyebutkan informasi terkait identitas smartphone.

"Snapdragon 7s Gen 3 hadirkan pengalaman AI luar biasa pada smartphone dengan harga terjangkau. Mobile platform Snapdragon 7s Gen 3 kini tersedia pada segmen 's'. Ini menjadikan teknologi canggih Qualcomm lebih mudah diakses oleh semua kalangan berkat dukungan fitur-fitur pilihan pada seri 7, seperti AI generatif, mobile game, kamera, video, dan masih banyak lagi," bunyi keterangan dari Qualcomm.

Baca Juga: Fitur Utama iQOO 13 Terungkap: Layar OLED 2K dan Chip Anyar Qualcomm

Chipset ini diklaim menawarkan performa baru yang lebih tinggi di berbagai aspek, mulai dari hampir 20 persen peningkatan performa CPU berkat CPU Qualcomm Kryo terbaru, akselerasi GPU hingga 40 persen, lebih dari 30 persen peningkatan performa AI, hingga penghematan daya secara keseluruhan sebesar 12 persen.

Snapdragon 7s Gen 3. (Qualcomm)Snapdragon 7s Gen 3. (Qualcomm)

Platform baru ini menawarkan kemampuan AI generatif di perangkat yang mendukung fungsi ‘model bahasa besar’ (LLM), atau transformator pengolah teks pada fitur AI, seperti Baichuan-7B, Llama 2 dengan parameter 1B, dan lainnya.

"Snapdragon 7s Gen 3 akan menghadirkan yang terbaik dari seri 7 ke lebih banyak perangkat mid-tier dengan fitur-fitur unggulan dari seri 7, termasuk on-device AI," ujar Chris Patrick selaku Senior Vice President and General Manager of Mobile Handsets, Qualcomm Technologies.

Rencananya, Snapdragon 7s Gen 3 akan diadopsi pertama kali oleh Xiaomi. Adapun perangkat perdananya diperkirakan akan diumumkan bulan depan. "Kolaborasi kami bersama Qualcomm Technologies semakin kuat, dan kami sangat senang menjadi yang pertama mengadopsi Snapdragon 7s Gen 3 pada perangkat mobile terbaru kami selanjutnya," kata Thomas Wang, General Manager of Redmi, Xiaomi.

Rumor Snapdragon 7s Gen 3 Sebagai Chipset Redmi Note 14 Pro 5G

Baca Juga: iPhone 16 Pro Diprediksi Hadirkan Model 'Desert Titanium', Begini Desainnya

Meski belum dikonfirmasi resmi, namun leaker populer Digital Chat Station pernah membocorkan bahwa Snapdragon 7s Gen 3 akan menjadi chipset Redmi Note 14 Pro.

Seperti namanya, Snapdragon 7s Gen 3 merupakan generasi penerus Snapdragon 7s Gen 2. Chipset ini dikabarkan performa yang meningkat signifikan dibanding generasi pendahulu.

Sebagai catatan, Redmi Note 14 series sendiri belum meluncur ke publik sejauh ini. Meski begitu, detail chip dan kamera sudah bocor ke publik.

"Snapdragon 7s Gen 3, A720 big core, GPU Adreno 810. Smartphone pertama dengan 1.5K Dual Curved Screen. Desain lensa flagship dengan sensor 50 MP," kata Digital Chat Station beberapa waktu lalu.

Editor: Agung Pratnyawan

Tag:  #snapdragon #resmi #rilis #jadi #chipset #redmi #note

KOMENTAR